Gowes Sepeda Ontel, Paman Birin: Melestarikan Olahraga Bernilai Sejarah

0

GUBERNUR Kalimantan Sealtan Sahbirin Noor (Paman Birin) berharap komponen masyarakat untuk melestarikan olahraga bernilai sejarah kepahlawanan.

PAMAN Birin menyampaikan hal tersebut saat melepas peserta Gowes Ontel Joeang dalam rangka memperingati Hari Pahlawan 2021. Pelepasan di halaman Kantor Gubernuran Kalsel, Jalan Jenderal Sudirman, Banjarmasin, Sabtu (13/11/2021).

Dia mengapresiasi terhadap kebradaan komunitas pecinta sepeda ontel yang menjadi peserta dalam kegiatan ini.

“Kegiatan ini merupakan bentuk penghormatan dan penghargaan untuk perjuangan para  pahlawan yang telah berkorban banyak hal demi kemerdekaan bangsa,” ujarnya.

BACA: Kampanyekan Budaya Hidup Sehat, Peserta Gowes Dilepas Gubernur

Menurutnya bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai para pahlawannya. “Betapa luar biasa pahlawan dan pejuang kita yang telah mengorbankan tenaga, waktu, pikiran, perasaan dan bahkan nyawa untuk kepentingan bangsa,” tuturnya.

Gubernur dua periode ini berharap kegiatan gowes dalam rangka peringatan Hari Pahlawan ini dapat menjadi teladan untuk generasi penerus bangsa. “Meski saat ini berada di masa dan era yang berbeda, semangat juang layaknya di era perjuangan harus tetap sama dan jangan sampai luntur,” paparnya.

BACA JUGA : Hanya Memungut Barang Rongsokan, Pemulung Ini Jadi Jutawan

Contoh pandemi Covid-19. “Kini kita sedang menghadapi pandemi Covid-19. Kita butuh gotong royong, kerjasama serta tolong menolong, seperti yang dilakukan para pahlawan kita di masa yang lalu,” ucap Paman Birin.

Rute gowes dimulai dari titik 0 Kilometer, dan akan melewati tempat-tempat yang bersejarah bagi perjuangan para pahlawan Bumi Lambung Mangkurat. Beberapa di antaranya adalah Monumen 9 November dan Monumen ALRI Divisi IV Pertahanan Kalimantan, yang juga merupakan makam Brigjen Hasan Basry. (jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Afdi Achmad

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.