Libatkan Pecinta Alam dan Komunitas Sosial, Jelajang Tabalong Kembali Gelar Ajang Bamasung

0

KOMUNITAS Jelajah Tabalong bakal kembali menggelar aksi bersih-bersih sungai bertajuk Balarut Maharagu Sungai (Bamasung) yang ke-3 tahun 2021. Kegiatan ini direncanakan berlangsung selama dua hari, yang akan digelar pada 27 sampai 28 November 2021.

ADAPUN peserta yang akan mengikuti adalah kumpulan komunitas pecinta alam dan komunitas sosial yang berada di wilayah Kabupaten Tabalong.

Dalam agenda Bamasung ke-3, juga turut dijadikan ajang perlombaan dengan kriteria lanting terbaik, dan mengumpulkan sampah terbanyak.

Ketua Pelaksana Bamasung, Haris Fadillah, mengatakan dalam ajang ini para peserta tidak hanya mengarungi sungai, tetapi juga mengajak peserta melakukan penanaman bibit pohon, perang sampah dan kampanye melestarikan sungai.

BACA JUGA: Susur Sungai Andai Penuh ‘Purun’, Walhi Desak Julukan Kota Seribu Sungai Dijaga

“Acara ini adalah bentuk edukasi kepada masyarakat yang tinggal di bantaran sungai, menyadarkan masyarakat untuk membudayakan buang sampah pada tempatnya, menjaga kelestarian air dan mungurangi dampak pencemaran sungai Tabalong,”katanya di Tanjung Kabupaten Tabalong, Rabu (10/11/2021).

BACA JUGA: Menjaga Nyawa Banjarmasin Berarti Merawat Kelestarian Sungainya

Selain itu, haris juga menjelaskan untuk rute kali ini dimulai dari aliran Sungai Tabalong di Teluk Dalam, Kelurahan Sulingan menuju Kecamatan Murung Pudak  hingga Desa Pudak Setegal, Kecamatan Kelua yang berjarak kurang lebih 30 kilometer.

“Kami tahun ini memulai dengan rute yang berbeda dari tahun sebelumnya, serta permintaan bupati harus melewati Pasar Kelua, inisiatif kita finish sampai pudak setegal, paling cuman 200 meter dari pasar kelua,”ungkapnya.

Tambah Haris, pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan Bupati Tabalong terkait jadwal pelaksanaan Bamsung III pada tahun ini.”Kemarin kita sudah koordinasikan dengan bupati, bahwa pelaksanaan kegiatan ini di minggu terkakhir bulan November,” tambahnya. (jejakrekam)

Penulis Herry Yusminda
Editor Donny

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.