Bongkar Kasus Pinjol Ilegal di Kotabaru, Halaman Mapolda Kalsel Dihiasi Karangan Bunga

0

BELASAN karangan bunga menghiasi halaman Markas Polda Kalsel di Jalan S Parman, Kota Banjarmasin, Jum’at (29/10/2021).

KARANGAN bunga itu bentuk apresiasi sejumlah organisasi masyarakat, tokoh agama, perbankan, perusahaan swasta, hingga tokoh warga, atas pencapaian kepolisian yang berhasil membongkar kasus pinjaman online (pinjol) ilegal di Kabupaten Kotabaru.

Sebelumnya, pinjol ilegal di bawah PT Jasa Mudah Colletindo (JMC) digeledah Polres Kotabaru. Tiga tersangka diamankan, salah satunya warga negara asing (WNA) dan dua orang berstatus WNI.

BACA JUGA : DPRD Kalsel Minta OJK Perketat Pengawasan Terhadap Pinjaman Online

Perusahaan ini mempekerjakan 35 operator yang menggunakan 90 unit komputer sebagai media bisnisnya. Modus yang digunakan perusahaan pinjol ini dengan memasang aplikasi. Berikutnya, calon nasabah digiring untuk melakukan pinjaman secara online.

Caranya, dengan memasukan empat nomor ponsel atau handphone (HP) orang terdekat. Nah, ketika pinjaman disetujui, maka uang yang diterima korban langsung dipotong 40 persen.  Sedangkan, utang tetap utuh 100 persen harus dibayar korbannya.

BACA JUGA: Beroperasi Di Kotabaru Dan Diotaki WNA, Perusahaan Pinjol Disikat Polda Kalsel, Ini Modusnya!

Dalam tempo waktu satu minggu lama pinjaman, korban sudah dikenakan bunga lima persen. Begitu pula selanjutnya. Ketika korban tidak bisa mengembalikan uang pinjaman, dari sini berawal teror. Para operator pun terus meneror para korban melalui empat nomor HP yang sudah diberikan sewaktu terjerat aplikasi pinjol.

Tak sedikit perusahaan Pinjol dan jaringannya menggunakan berbagai cara provokatif bahkan ilegal, dan melawan hukum demi mencari keuntungan dari masyarakat awam. 

Kapolda Kalsel Irjen Pol Rikhwanto mengatakan akan memberikan penghargaan kepada Kapolres Kotabaru AKBP Gafur Aditya Harisada Siregar, dan anggota yang berhasil mengungkap kasus yang meresahkan warga ini.

“Kalau perlu kami akan memberi masukan kepada pimpinan Polri di Jakarta untuk memberi penghargaan secara nasional. Saya sendiri akan memberikan penghargaan kepada mereka,” paparnya saat konferensi pers di Aula Bhayangkara Polda Kalsel, Jum’at. (jejakrekam)

Penulis Iman Satria
Editor Donny

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.