Husairi Abdi

Fide Master Miftah Vs Master Nasional Raihan di Final Catur Cepat ULM

0

AJANG bergengsi Turnamen Catur Cepat Terbatas Piala Rektor Universitas Lambung Mangkurat (ULM) ke-6 dirangkai Dies Natalis ke 63 ULM tahun 2021 digelar di Gedung General Building Student Activity Center, Banjarmasin, Universitas Lambung Mangkurat, Minggu (26/9/2021).

DENGAN menerapkan protokol kesehatan (prokes) ketat di masa pandemi Covid-19, ratusan peserta non gelar dan belasan pecatur master nasional dari Kalimantan Selatan dan Tengah mengikuti turnamen ini. Even bertema dari ULM untuk Indonesia ini memperebutkan Piala Rektor dan uang pembinaan belasan juta rupiah ini.

Rektor ULM, Prof Dr H Sutarto Hadi mengatakan niat mengadakan turnamen catur ingin memberikan pengalaman bertanding pada atlet catur Kalsel. Tentu dengan banyak jam terbang permainan mereka akan semakin bagus.

“Pada ajang ini hampir seluruh pemain catur di 13 Kabupaten/kota ikut semua,” ucap Ketua Percasi Kalimantan Selatan ini.

Dikatakan Sutarto, pada ajang kali ini terlihat ada beberapa pemain-pemain junior berbakat yang muncul. Seperti Ahmad Rifa’i baru berumur 11 tahun asal Kota Banjarbaru dan Muhammad Alfarisi (15 tahun) asal Kabupaten Tanah Laut. “Tujuan kami selain mengasah jam terbang pada atlet senior, juga mencari pemain-pemain catur junior,” ucap Sutarto.

BACA : Diikuti Belasan Peserta, Jejakrekam Bersama Adaro Gagas Turnamen Catur

Turnamen yang digelar selama dua hari ini mempertemukan fide master Miftah melawan Raihan, master nasional di laga final. Hingga adu asah otak ini dimenangkan dimenangkan Miftah.

Menariknya, satu-satunya peserta tanpa gelar bisa bertengger di perempat final. Adalah Hadianor asal Kabupaten Tanah Laut, walau harus menelan kekalahan dari master nasional Raihan. Begitu melawan master nasional Lukman asal Kabupaten Tanah Bumbu guna memperebutkan juara III, Hadianor keluar sebagai memang.

Sementara, Muhammad Alfarisi, pecatur junior memberanikan diri bertanding di kelas senior pada ajang ini, dan bertengger di 16 besar.

Ketua Percasi Kabupaten Tanah Laut, H Mustafa mengungkapkan sengaja menurunkan Muhammad Alfarisi dari 16 atlet yang diikutkan pada turnamen catur helatan ULM ini.

“Muhammad Alfarisi sengaja diturunkan untuk menambah jam terbang dan dipersiapkan untuk Porprov Kalsel XI tahun 2022 nanti,” kata Mustafa.(jejakrekam)

Penulis Iman Satria
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.