Jadi Duta Papelingasih Kalsel, Rachmatul Karimah Perkenalkan Jentingan Purun

0

PRESTASI membanggakan akhirnya diraih oleh salah satu mahasiswi dari bumi Rakat Mufakat Kandangan, Kabupaten HSS di tingkat Provinsi Kalimantan Selatan.

MENJADI juara pertama, Rachmatul Karimah, mengikuti pemilihan Duta Peduli Lingkungan Asri dan Bersih (Papelingasih) tahun 2021, dilaksanakan di Banjarmasin pada 1 sampai 4 September 2021.

Mahasiswi semester VII Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Darul Ulum Kandangan, dinobatkan menjadi Duta Papelingasih tahun 2021 pada kegiatan seleksi yang diselenggarakan oleh Dinas Pemuda Olah Raga Provinsi Kalimantan Selatan.

Menurut Rachmatul Karimah, gadis kelahiran tahun 2000 dan saat ini selalu aktif di berbagai organisasi khususnya organisasi di bidang lingkungan. “Dengan telah dinobatkannya menjadi Duta Papelingasih ini, tentu banyak hal yang akan dilakukan kedepan bersama rekan-rekan di kabupaten,” ujarnya.

BACA: Juarai Cabor Lari 400 Meter, Siswi SMAN 1 Daha Utara, Mawar Persembahkan Medali Emas HSS

Kelestarian lingkungan menjadi isu yang akan diangkat dalam melaksanakan program kerja, serta yang berkaitan dengan penanganan masalah sampah. Sesuai dengan visi misi yang ia usung saat seleksi di Banjarmasin, yaitu akan melestarikan sebuah tempat atau wadah berbelanja yang di Kalimantan Selatan biasa disebut ‘Jentingan Purun’ serta akan mengembangkan pembuatan lap tangan dari bahan kain.

Jentingan Purun sendiri ini diharapkan mampu untuk mengurangi penggunaan kantong plastik yang nantinya bisa berdampak pada banyaknya sampah sampah plastik. Sedangkan lap tangan, adalah untuk meminimalisir penggunaan tisu yang asal mulanya dibuat dari serat pohon.

“Pengembangan lap tangan ini diharapkan pula bisa mengurangi terjadinya penebangan pohon, yang pada akhirnya bisa berdampak pada kerusakan lingkungan, dan bisa merusak kelestarian alam,” ungkap Rachmatul Karimah.

Untuk kegiatan lainnya, setelah dinobatkan menjadi Duta Papelingasih, Racmatul Karimah juga menambahkan, akan aktif memberikan sosialisasi yang berkaitan dengan lingkungan kepada masyarakat.

“Penyuluhan, penanaman pohon, menyusuri sungai untuk menangani sampah, serta aktif melakukan koordinasi dengan dengan orang-orang yang inspiratif yang mempunyai tujuan sama. Bahkan dalam waktu dekat ini, saya akan mewakili Kalimantan Selatan berangkat ke Nasional untuk mengikuti berbagai pelatihan,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Iwan Sanusi
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.