Harga dan Stok Bawang Merah dan Bawang Putih Masih stabil

0

KOMODITAS bawang merah dan putih di sejumlah pasar besar di Kota Banjarmasin terpantau stabil. Kalau pun naik, lonjakan terjadi hanya di kisaran 1-2 ribu Rupiah.

DALAM pantauan di sejumlah pasar, bumbu dapur ini bisa dibilang stabil. Bawang merah maupun bawang putih banjir di pasaran, diketahui dari beberapa daerah penghasil. Diantaranya Bima dan Ujung Pandang serta beberapa daerah lain yang juga dalam masa panen raya.

Menurut salah satu pedagang bawang di Pasar Lima, Burhan mengatakan, harga bawang merah berada dikisaran harga 25 ribu Rupiah per kilogram dan bawang putih 22 ribu Rupiah per kilogram.

Tak hanya bawang merah dan bawang putih, bawang bombay pun juga relatif stabil di kisaran harga 27 ribu Rupiah per kilogram.

Sementara menurut salah satu pembeli, Ramlah pemilik warung makan yang di kawasan Sutoyo S, mengakui bumbu dapur ini tak dapat diprediksi atau menjadi patokan harga. “Kalau stok barangnya banyak dan lagi masa panen bisa jadi harganya murah tetapi di kala tak panen, saya yakin pasti harga komoditi ini melonjak,” ujarnya.

“Di Kota Banjarmasin atau daerah di Kalsel, hasil tak begitu baik untuk tanaman bawang merah. Memang ada juga di Banjarbaru tetapi hasilnya tak memuaskan. Entah kenapa, apakah kondisi lahan pertaniannya tak cocok untuk ditanami bawang merah,” katanya.(jejakrekam)

Penulis Sirajuddin
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.