Tinggal Satu Persen, Paman Birin Ungkap Presiden Jokowi Bakal Resmikan Jembatan Sei Alalak

0

MEGAPROYEK Jembatan Sei Alalak yang digarap PT Wijaya Karya-PT Pandji menelan dana Rp 278 miliar lebih bersumber Surat Berharga Syariah Negara ( SBN) sejak 2018 lalu, ditaksir akan segera rampung.

JEMBATAN dengan struktur cable stayed dengan panjang 130 meter,  struktur pileslab 295 meter serta panjang oprit jembatan sepanjang 425 meter sehingga panjang efektif 850 meter itu, langsung ditinjau Gubernur Kalsel Sahbirin Noor.

Paman Birin, sapaan akrabnya datang ke lokasi proyek guna memastikan kapan pembukaan Jembatan Sei Alalak untuk publik.

“Dengan adanya jembatan ini, masyarakat Kalsel patut bersyukur. Sebab, pemerintah pusat memperhatikan Kalsel yang memberi karya terbaik, karena pertama di Indonesia,” ucap Paman Birin kepada awak media, Senin (13/9/2021).

Menurut dia, keberadaan Jembatan Sei Alalak ini merupakan penghubung antara Provinsi Kalimantan Selatan dengan Kalimantan Tengah. Meski secara infrastruktur, Kalimantan masih tertinggal jauh dengan Pulau Jawa, Paman Birin mengajak untuk bangga dengan segera rampungnya Jembatan Sei Alalak.

“Semoga saja, Pak Presiden Joko Widodo (Jokowi) bisa meresmikan Jembatan Sei Alalak. Sebab, beberapa waktu lalu, saya bertemu beliau pernah ngomong mau ke Kalsel. Kita berharap itu segera terwujud dalam waktu segera,” kata Paman Birin.

BACA : Peresmian Jembatan Sei Alalak 1 Belum Ada Kepastian, DPRD Kalsel Desak Terbuka ke Publik

Sementara itu, Kepala Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) Kalimantan Selatan, Syauqi Kamal menyebut hingga hari ini, Jembatan Sei Alalak sudah rampung. Dia mengklaim secara struktur hingga tahapan finishing sudah mencapai 99 persen.

“Tinggal satu pekerjaan finishing saja. Sepertipengecatan, pembersihan dan lainnya. Selanjutnya, hingga 15 September 2021, proyek Jembatan Sei Alalak ini sudah clear,” ujar Syauqi.

Untuk peresmian, Syauqi menyebut memang diserahkan ke pemerintah pusat. Namun, beber dia, pihaknya telah mempersiapkan segala sesuatunya, termasuk siapa yang akan meresmikan Jembatan Sei Alalak.

“Kalau Pak Gubernur menyampaikan bahwa Presiden Jokowi akan datang ke Kalsel. Apakah nanti dalam rangka meresmikan Jembatan Sei Alalak, kami belum tahu. Yang pasti, di tengah pandemi Covid-19, bisa saja nanti peresmian secara online atau offline. Tentu, kami berharap beliau yang datang ke Kalsel,” ungkap Syauqi.

BACA JUGA : Sudah Uji Beban, Kapan Jembatan Sei Alalak Dibuka? Ahli Jembatan : Publik Butuh Kepastian

Disinggung soal hasil uji beban atau kelaikan Jembatan Sei Alalak apakah sudah dikeluarkan sertifikatnya oleh Komisi Keamanan Jembatan dan Terowongan Jalan (KKJTJ) dan Kementerian Pekerjaan Umun dan Perumahan Rakyat (PUPR), Syauqi mengungkap ada kabar terbaru.

“Masalah itu sudah dibahas dalam rapat pleno KKJTJ, di mana hasilnya sudah sesuai dengan desain. Artinya, laik pakai dari sisi keamanan jembatan,” ucapnya.

Menurut Syauqi, saat ini masih dalam proses untuk mendapat sertifikat laik pakai dari Menteri PUPR. “Info terakhir masih dalam proses dari Direktorat Bina Marga Kementerian PUPR,” tandasnya.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.