Tangani Pandemi Covid-19, IDI Kalsel Mencatat Sudah 13 Dokter Gugur

0

KEPERGIAN sang guru besar ilmu kesehatan anak Fakultas Kedokteran Universitas Lambung Mangkurat (ULM), Prof Dr Ruslan Muhyi yang tutup usia 64 tahun pada Sabtu (4/7/2021) pukul 07.00 Wita, menambah daftar panjang para tenaga medis yang gugur akibat terpapar Covid-19.

PROFESOR Ruslan Muhyi sebelumnya sempat dirawat di RSUD Ulin Banjarmasin, tepatya di Ruang ICU C-19, sebelum menghembuskan napas terakhir. Prosesi shalat jenazah pun digelar di halaman IPS RSUD Ulin Banjarmasin, sebelum jenazah dimakamkan di Alkah Sekumpul, Martapura.

Dekan Fakultas Kedokteran ULM, Dr Iwan Aflanie mengakui almarhum sebelum meninggal dunia sempat terpapar virus Corona. “Ya, beliau sempat dirawat di RSUD Ulin Banjarmasin akibat terkena Covid-19,” ucap anggota MKK Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kalsel ini.

Senada itu, kolega almarhum di RSUD Ulin Banjarmasin, dr Meldy Muzada Elfa, Sp.PD mengakui dengan meninggalnya Profesor Ruslan, turut menambah daftar para dokter dan tenaga medis yang terpapar Covid-19.

BACA : Ahli Paru yang Minim, Dokter Spesialis Penyakit Dalam Ikut Tangani Pasien Covid-19 di Kalsel

“Hingga Sabtu (4/9/2021), sudah sebanyak 13  dokter di Kalimantan Selatan, khususnya tergabung di IDI telah meninggal dunia karena merawat pasien Covid-19,” ucap Wakil Direktur RS Islam Banjarmasin ini kepada jejakrekam.com, Sabtu (4/9/2021).

Meldy yang juga Ketua PW Pemuda Muhammadiyah Kalsel ini menerangkan almarhum sebelumnya sempat dirawat di RSUD Ulin Banjarmasin sejak 20 Agustus 2021, akibat positif terjangkit Covid-19. Hampir 16 hari dirawat intensif termasuk di Ruang ICU-C, almarhum pun dinyatakan meninggal dunia pada Sabtu (4/9/2021) pagi.

Dokter spesialis penyakit dalam ini menegaskan para koleganya, terkhusus IDI Kalsel sangat berduka dengan kepergian sang guru besar ilmu kesehatan anak itu. “Kami turut berduka cita semoga guru dan sahabat kami di terima di sisi Allah SWT. Untuk keluarga yang ditinggalkan tabah menghadapi cobaan ini,” ucapnya.

BACA JUGA : Terjangkit Covid-19, IDI Kalsel Kembali Kehilangan Dokter Senior Spesialis Bedah

Adapun daftar para dokter di Kalsel  yang meninggal dunia akibat terpapar Covid-19 berdasar data dihimpun dr Meldy, adalah sebagai berikut :

1.dr. H. Hasan Zain, Sp.P 

2. Dr. dr. Heru Prasetya, Sp. BU 

3. dr. H. Zulkifli Saleh 

4. dr. Aris Sugiharjo, Sp.PD 

5. dr. Yusuf M.Sc, Sp.A

6. dr. H. Zainal Hakim

7. dr. Suka Dwiraharjo Sp.PA 

8. dr. Suwandi 

9. dr. H. R Soedarto WW, Sp.OG  

10. dr. H. Mursad Abdi, Sp.F

11. dr. Hj. Robiana Muntayanu Noor, Sp.KK, FINSDV, FAADV

12. dr. Heru Susanto

13.Prof.DR.dr.H.Ruslan Muhyi, Sp,A (K)(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.