Deretan Truk Trailer Parkir di Bahu Jalan Gubernur Soebardjo Bahayakan Pengguna Jalan

0

PEMANDANGAN truk berbadan jumbo baik truk trailer, truk dump maupun lainnya di ruas Jalan Gubernur Soebardjo atau Lingkar Selatan, menjadi santapan keseharian warga saat melintas di kawasan itu.

CELAKANYA lagi, barisan parkir truk berbadan bongsor itu makin mempersempit badan jalan. Bahkan, para pengendara pun harus ekstra hati-hati melintas di ruas jalan yang menghubungkan Pelabuhan Trisakti, Banjarmasin dengan Bundaran Liang Anggang, Banjarbaru itu.

Lebih dari satu kilometer, sebelum hingga sesudah Jembatan Basirih, tampak barisan parkir truk besar ini. Tak hanya di bahu jalan sebelah kanan, sebelah kiri pun dipenuhi parkir, termasuk rongsokan truk dan kontainer yang tak terpakai lagi.

Wahyu, warga Tatah Pemangkih, Kertak Hanyar, Kabupaten Banjar mengaku sangat terganggu dengan deretan truk yang parkir di tepian Jalan Gubernur Soebardjo itu.

“Jelas, menghambat laju jalan, bahkan untuk setop di tepi jalan terasa sangat rawan bahaya. Apalagi, penghilatan kami untuk keluar dari gang menuju ke jalan besar juga terhalang deretan truk yang parkir,” ucapnya kepada jejakrekam.com, Selasa (6/7/2021).

BACA : Kurangi Aktivitas Bongkar Muat Tepi Jalan, Lahan Parkir Khusus di Pelabuhan Trisakti Disiapkan

Jika tak tengok kanan dan kiri, Wahyu mengaku saat hendak menuju ke ruas Jalan Gubernur Soebardjo harus pelan-pelan. “Kalau sudah aman, baru jalan. Kalau tidak hati-hati bisa disambar truk yang laju kencang,” kata Wahyu.

Ia pun meminta agar instansi berwenang segera menertibkan parkir liar truk-truk jumbo, karena sudah terlampau lama dibiarkan dan mengancam keselamatan pengguna jalan. “Bahkan, ada yang parkir di tengah antara dua ruas jalan. Jalan makin sempit, dan membahayakan,” kata Wahyu.

Terpisah, Kepala Bidang Lalu Lintas Jalan Dinas Perhubungan Kota Banjarmasin, Bedjo Slamet, tak memungkiri kondisi deretan truk besar parkir di bahu Jalan Gubernur Soebardjo.

“Saat ini, kami sedang merapatkan barisan untuk segera menerbitkan keberadaan truk-truk yang parkir di bahu jalan itu.  Namun, untuk lebih jelasnya, silakan hubungi Kabid Keselamatan Jalan Dishub Kota Banjarmasin, kapan waktu penertiban truk-truk yang parkir itu,” imbuhnya.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.