Kurangi Aktivitas Bongkar Muat Tepi Jalan, Lahan Parkir Khusus di Pelabuhan Trisakti Disiapkan

0

AKTIVITAS bongkar muat barang dan parkir di tepi Jalan Gubernur Soebardjo dan sekitarnya di kawasan Pelabuhan Trisakti Banjarmasin, jadi sorotan.

MASALAH ini pun dibahas CEO Pelindo III Regional Kalimantan, Fariz Hariyoso, Wakil Walikota Banjarmasin Arifin Noor, Pjs Ketua Kadin Kota Banjarmasin, Nanda Febryan Pramatajaya dan koleganya di Kantor DPP Intakindo Kalsel, Banjarmasin, Senin (28/6/2021) malam.

Selama ini, aktivitas bongkar muat truk-truk kontainer juga menjadi sorotan dari DPRD Banjarmasin, terkait dengan rusaknya akses jalan kawasan pelabuhan itu.

“Dalam mengurai masalah ini, tentu harus dicarikan solusi. Memang, tidak dibenarkan adanya aktivitas bongkar muat dan parkir di sisi jalan arteri primer. Sebab, itu membahayakan pengguna jalan,” ucap Nanda Febryan Pratamajaya kepada jejakrekam.com.

Namun, beber dia, dalam mencarikan solusi perlu pelibatan semua stakeholder yang membidangi, agar tercipta win-win solution.

“Atas dasar itu, Kadin Kota Banjarmasin bersama Pemkot Banjarmasin dan Pelindo III Region Kalimantan berupaya bekerjasama agar hal ini dapat segera diatasi dengan menyediakan lahan khusus di sekitar pelabuhan,” ucap Nanda.

BACA : Volume Peti Kemas di Pelabuhan Trisakti Menurun, Banyak Pekerja Tally Dirumahkan

Menurut dia, dengan adanya lahan khusus bisa memfasilitasi kegiatan bongkar muat barang dari truk besar yang keluar dari kapal kepada truk distribusi yang lebih kecil.

“Lahan parkir yang representatif untuk truk besar sehingga tidak parkir di sembarang tempat di pinggir jalan sekitar Pelabuhan Trisakti. Ke depan diharapkan kerjasama ini dapat berkembang,” ucap Nanda.

Ia mengatakan kawasan Pelabuhan Trisakti harus tertata rapi serta aspek keamanan-kenyamanan bongkar muat barang dapat terlayani dengan baik.

“Sebab, Pelabuhan Trisakti merupakan gerbang utama Banjarmasin dari jalur laut. Ini sejalan dengan rencana pemerintah kota yang akan mengembangkan kawasan itu,” imbuhnya.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.