Rugi Kursi Wakil Rakyat Kalsel di DPR RI Dibiarkan Lama Lowong, Siapa PAW Syafruddin H Maming?

0

KOMPOSISI wakil rakyat asal Kalimantan Selatan yang duduk di DPR RI Senayan Jakarta, berkurang satu. Ini setelah, Syafruddin H Maming alias Cuncung yang mundur dari DPR RI, hingga kini belum diketahui siapa pengganti antar waktu (PAW).

DIKUTIP dari dpr.go.id, tergambar lima kursi anggota DPR RI dari dapil Kalsel 1 (Kabupaten Banjar, Tapin, Hulu Sungai Selatan, Hulu Sungai Tengah, Hulu Sungai Utara, Tabalong, Balangan dan Barito Kuala) masih lengkap.

Di deretan lima wakil rakyat ada Saiful Rasyid (Fraksi Gerindra), HM Rifqinizami Karsayuda (FPDIP), Bambang Heri Purnama (Fraksi Golkar), Habib Aboe Bakar Alhabsy (Fraksi PKS), Syaifullah Tamliha (Fraksi PPP) dan Pangeran Khairul Saleh (Fraksi PAN).

Sedangkan di dapil Kalsel 2 (Banjarmasin, Banjarbaru, Tanah Laut, Tanah Bumbu dan Kotabaru), hanya terdapat empat nama. Mereka adalah Heru Widodo yang menjadi pengganti antar waktu Zairullah Azhar (kini Bupati Tanah Bumbu) dari Fraksi PKB, H Muhammad Nur (Fraksi Gerindra), dr H Sulaiman Umar (Fraksi PDIP), dan Hasnuryadi Sulaiman (Fraksi Golkar). Ini berati, satu kursi masih dibiarkan kosong.

BACA : Mengenal Sosok Sederhana dan Merakyat Syafruddin H Maming, Dari Senayan Menuju Tanbu 1

Lantas siapa yang akan menjadi PAW Syafruddin H Maming di dapil Kalsel 2 dari Fraksi PDIP? Kakak kandung Ketua DPD PDIP Kalsel Mardani H Maming ini mundur dari kursi parlemen, usai mencalonkan diri sebagai Bupati Tanah Bumbu dalam Pilkada 2020 lalu.

Sementar, PAW Zairullah Azhar yang diisi Heru Widodo, merupakan staf ahli Zairullah di DPR RI dilantik Wakil Ketua DPR RI Muhaimin Iskandar di Jakarta pada 7 Desember 2020 lalu, bersama lima PAW anggota DPR RI lainnya. Untuk diketahui, dalam Pemilu Legislatif 2019 lalu, PDIP sendiri meraih dua kursi parlemen. Bahkan, Sulaiman Umar menjadi peraih suara terbanyak, disusun Syafruddin H Maming.

Hingga, Minggu (27/6/2021), belum ada kejelasan siapa yang mengisi kursi lowong usai ditinggalkan Syafruddin H Maming. Jejakrekam.com berupaya mengkonfirmasi kejelasan PAW kepada DPD PDIP Kalsel ihwal informasi terbaru proses PAW pengganti Syafruddin H Maming. Namun hingga berita ini diturunkan, Ketua dan Sekretaris DPD PDIP Kalsel, Mardani H Maming dan M Saripuddin belum menjawab tawaran wawancara. Nomor ponsel keduanya aktif, belum ada jawaban.

BACA JUGA : ZR Unggul di Pilkada Tanbu, Mardani H Maming Terbuka Ucapkan Selamat

Sekadar informasi, nama Aida Muslimah yang merupakan istri mantan Wakil Gubernur Kalsel HM Rosehan Noor Bachri merupakan peraih suara terbanyak ketiga PDIP di dapil II Kalsel. Aida tepat berada di posisi ketiga. Raihan suaranya di bawah dr Sulaiman Umar dengan 109 ribu pemilih lebih. Disusul Syafruddin H Maming dengan perolehan suara lebih 57 ribu pemilih. Sementara, Aida Muslimah dengan dulangan 12 ribu suara lebih.

Divisi Khusus LSM Sasangga Banua, Deddy Permana berharap agar PAW Syafruddin H Maming segera diisi oleh PDIP, sebagai empunya wakil rakyat.

“Seharusnya, cepat diisi nomor urut caleg yang berhak untuk menjadi PAW. Ini mengingat banyak pekerjaan yang harus digarap wakil rakyat Kalsel. Kalau tidak diisi segera, sayang suara Kalsel akan hilang di parlemen pusat,” ucap Muhammad Deddy Permana kepada jejakrekam.com, Minggu (27/6/2021).

BACA JUGA : PDIP Klaim Sulaiman-Syafruddin-Rifqi Rebut Tiga Kursi DPR RI

Deddy menyarankan agar PDIP selaku parpol yang memiliki kewenangan bisa segera menunjuk atau mengusulkan PAW Syafruddin H Maming yang sudah terlalu lama kosong di DPR RI. Terhitung, sejak September 2020 hingga kini, belum terisi kursi lowong tersebut.

“Kalau komposisi anggota DPR RI asal Kalsel lowong satu, tentu ada komisi di parlemen yang juga kosong dari keterwakilan Banua. Ini jelas akan merugikan Banua, karena sangat penting bagi wakil rakyat Kalsel untuk menyuarakan kepentingan daerah di pusat. Jangan dibiarkan terlampau lama kosong, contohlah PKB yang cepat memproses PAW Zairullah Azhar di DPR RI,” imbuhnya.(jejakrekam)

Penulis Ahmad Husaini
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.


paito warna hongkong