Pemkab Banjar Bekerjasama Dengan Bank Kalsel Lanjutkan Program Rutilahu

0

PEMERINTAH Kabupaten Banjar bersama Bank Kalsel sosialisasikan rehabilitasi rumah tidak layak huni (rutilahu) dan Usaha Ekonomi Produktif Kelompok Usaha Bersama (UEP KUB).

SECARA langsung Wakil Bupati Banjar, H. Said Idrus Al – Habsyie membuka sosialisasi percepatan penanganan kemiskinan tersebut di RM Pondok Lima, Sungai Sipai, Martapura, Selasa (8/6/2021).

Kegiatan juga dihadiri Kadinsos Banjar, H Ahmadi, Kepala Kantor Cabang Bank Kalsel Martapura, Iwan, Kabid Penanganan Fakir Miskin Dinsos, Martha, perwakilan UEP KUB dan 13 penerima bantuan rutilahu.

Wabup H. Said Idrus Al Habsyie mengatakan, Kabupaten Banjar masih rentan dengan permasalahan sosial, terlebih lagi setelah bencana banjir dan Pandemi Covid-9 yang masih melanda. Persoalan tersebut menjadi perhatian utama Pemkab Banjar.

“Karena itu diminta dinsos dalam penanganan program ini, harus benar-benar mempunyai data yang valid agar dalam penyaluran dan pelaksanaan tepat sasaran dan memberikan manfaat dan berkah bagi semua,” ujarnya.

Dirinya mengaku siap mendukung program penanggulangan kemiskinan di Kabupaten Banjar dan berharap semua permasalahan sosial dapat dikerjakan bersama sama-sama. Sehingga tidak ada kendala di kemudian hari.

Sementara itu, Kadinsos H Ahmadi, rutilahu yang mendapatkan bantuan rehabilitasi meliputi untuk perbaikan, lantai, atap, dinding serta disesuaikan dengan kebutuhan rumah yang direhab dengan nilai rehabilitasi Rp 15 juta per rumah dengan sumber dana dari APBD Kabupaten Banjar.

“Bedah rumah atau rehabilitasi sendiri ada 7 katagori dengan dana berbeda dan stakeholder berbeda. Misal ada dari BNPB, BPBD dan pihak lainnya. Program rehabilitasi hari ini bekerja sama dengan CSR pihak ketiga, yaitu Bank Kalsel,” jelas Ahmadi.

Program rehabilitasi ini, lanjut Ahmadi, dimulai sejak 2017 dengan target capaian 7.000 rumah. Hingga saat ini, baru 201 yang terlaksana atau sama dengan masih tersisa 97 persen yang harus dikerjakan.

“Karena itu harapannya, Pemkab Banjar dan pihak pemberi CSR dapat membantu lebih banyak,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Gian
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.