DPPKB Balangan Gelar Grand Final Duta Genre

0

DINAS PPKB Kabupaten Balangan gelar Grand Final Duta Genre (Generasi Berencana) tahun 2021 dengan tema “Generasi Berencana Untuk Masa Depan Cerdas dan Berdaya Saing” di Gedung Budaya Kabupaten Balangan, Sabtu (22/5/2021).

PEMILIHAN Duta Genre tahun 2021 ini diikuti 59 peserta dan meloloskan 12 peserta di babak grand final setelah melalui beberapa tahapan seleksi seperti tes administrasi, tes tertulis dan tes wawancara.

Kepala DPPKB Kabupaten Balangan, Ahmad Nasa’i mengatakan kegiatan Grand Final Duta Genre ini merupakan program untuk penyiapan berkeluarga berencana bagi remaja sekaligus pengembangan karakter bangsa dimasa akan datang.

“Sehingga ke depan akan tercipta generasi emas yang bermanfaat bagi pembangunan bangsa dan negara,” ujarnya.

Bupati Balangan, Abdul Hadi dalam sambutannya yang dibacakan Asisten I Sekretariat Daerah Kabupaten Balangan, Sufriannor mengatakan kunci utama bonus demografi bagi negara adalah para remaja.

“Akan jadi bonus demografi atau bencana demografi bagi negara ke depan, pilihan ada ditangan remaja,” tegasnya.

Sufriannor berharap duta genre ke depannya mampu menjadi duta yang menyuarakan pentingnya menyiapkan keluarga kecil, sehat dan sejahtera. “Tentunya dengan gaya dan bahasa yang sesuai dengan usia remaja,” katanya.

Terpisah perwakilan BKKBN Provinsi Kalsel, Elia Rahmiati mengatakan pihaknya mengapresiasi DPPKB Kabupaten Balangan karena menjadi yang pertama mengadakan pemilihan Duta Genre tahun 2021 di Provinsi Kalimantan Selatan.

 Elia berharap agar Duta Genre Kabupaten Balangan kedepannya bisa menjadiwakil Kabupaten Balangan dan Provinsi Kalimantan Selatan. “Namun minta tolong tingkatkan dulu pengetahuannya,” pesannya.

Setelah melalui penilaian dari empat dewan juri yang kompeten di bidangnyadan juga voting di media sosial, terpilih sebagai Duta Genre Kabupaten Balangan tahun 2021 untuk kategori putra atas nama Rafid  Rabbani dan untuk kategori putri atas nama Wetha Exavarani Susanto.

Ditemui usai acara, Duta Genre Kabupaten Balangan 2021 kategori Putra, Rafid Rabbani mengatakan dirinya merasa senang bisa terpilih menjadi juara karena tujuan untuk memberikan karya bagi Kabupaten Balangan bisa tercapai.

“Program awal adalah 50 postingan tentang Genre dalam kurun waktu 6 bulan sampai 1 tahun ke depan,” katanya.

Rafid berharap dengan adanya postingan tersebut, masyarakat Balangan bisa lebih tahu tentang keluarga berencana dan generasi berencana.

Sementara itu Duta Genre Kabupaten Balangan tahun 2021 kategori putri, Wetha Exavarani Susanto mengucapkan terima kasih kepada orang tua dan rekan rekan yang sudah mendukung perjuangannya.  “Meskipun masa karantina cukup singkat,” katanya.

Selain Duta Genre, ada beberapa kategori lain yakni Juara inovasi atas nama Nana Fitriana dan Muhammad Zikri A. Juara intelegensia atas nama Herlina dan Muhammad Fajrin Erfani serta juara terfavorit atas nama Riskia Maulidina dan  Muhammad Habibi.

Disela-sela Pemilihan Duta Genre 2021, juga diserahkan penghargaan kepadakeluarga teladan tingkat Kabupaten Balangan tahun 2021 dimana peringkat 1 diraih keluarga dari Kecamatan Juai, peringkat 2 dari Kecamatan Lampihong dan peringkat 3 dari Kecamatan Paringin.(jejakrekam)

Penulis Gian
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.