Diduga Masuk SK Relawan H2D, Sekcam Banjarmasin Selatan Buru-buru Bantah

0

PEMERINTAH Kota Banjarmasin langsung buka suara, soal video viral di media sosial yang menyeret Aparatur Sipil Negara. Diduga salah seorang pejabat kecamatan, ikut bagian sebagai relawan calon Gubernur Kalsel Denny Indrayana.

DALAM video yang beredar, sempat terdengar kalimat Denny menyebut “Sekretaris dan Bendahara Kecamatan Banjarmasin Selatan”. Hal tersebut menimbulkan persepsi liar.

Banyak yang berasumsi bahwa sekretaris dan bendahara di Kecamatan Banjarmasin Selatan ikut terlibat sebagai relawan H2D.

BACA: Paman Birin: Jaga Netralitas ASN dan Jangan Ciderai Nilai Demokrasi

Sekretaris Kecamatan Banjarmasin Selatan, Satriawan Ramadana menjelaskan bahwa yang dimaksud Denny Indrayana dalam video viral itu bukan dirinya. “Melainkan sekretaris relawan H2D di Kecamatan Banjarmasin Selatan,” bantahnya, Rabu (19/5/2021).

Wawan sapaan akrabnya, lantas menunjukkan SK Relawan H2D di Kecamatan Banjarmasin Selatan. Yang dia dapatkan dari ketua relawan itu sendiri. “Jadi sekretaris dan bendahara yang dimaksud itu adalah Jatemah dan Amelia Suri,” ujarnya.

Ia tegaskan bahwa video viral tersebut hanya kesalahan pengucapan. Yang mana, Denny Indrayana hanya menyebut sekretaris dan bendahara Kecamatan Banjarmasin Selatan.

“Padahal, seharusnya relawan sekretaris dan bendahara di Kecamatan Bansel,” tegasnya.

Plh Sekretaris Daerah Kota Banjarmasin, Mukhyar juga tegas membantah ASN mereka ikut terlibat sebagai relawan salah satu pasangan calon di Pilkada Kalsel.

Mukhyar bilang pihaknya tak akan memperpanjang perkara ini lebih jauh. Sebab, yang bersangkutan juga sudah bertanggung jawab atas kekeliruan ini. “Ketua tim relawan kota Banjarmasin sudah berjanji akan menyelesaikan ini,” pungkasnya.

Berawal Dari Klarifikasi Kampanye Jelang PSU

Video viral ini bermula saat Denny Indrayana dipanggil Bawaslu Kalsel lantaran diduga berkampanye sebelum Pemungutan Suara Ulang (PSU) Pilgub, 9 Juni 2021.

Pemanggilan itu buntut dari foto Denny bersama dua orang perempuan dengan simbol dua jari (identik kampanye H2D). Denny diduga melakukan kampanye saat tahapan PSU.

Namun ketika diwawancara awak media, Denny menjelaskan bahwa foto bersama dua perempuan itu adalah sekretaris dan bendahara relawan H2D di Kecamatan Banjarmasin Selatan.

Tapi, kalimat yang diucapkan Denny hanya sekretaris dan bendahara Kecamatan Banjarmasin Selatan. Tanpa memuat kalimat relawan.

“Katanya saya berfoto salam dua jari. Itu yang ada difoto sekretaris dan bendahara di kecamatan Banjarmasin Selatan dengan relawan saya. Relawan yang ada SK-nya,” ujarnya.(jejakrekam)

Penulis M Syaiful Riki
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.