Daerah Penghasil Panen, Stok Beras untuk Zakat Fitrah Cukup Melimpah

0

DEMI menjalankan kewajiban membayar zakat fitrah dan menyempurnakan ibadah puasa Ramadhan pada tahun ini, warga pun mulai menyerbu toko dan warung yang menjual beras.

APALAGI, kini Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriyah, tinggal hitungan hari, keperluan untuk mengeluarkan zakat fitrah pun mesti dilakukan umat Islam.

Menariknya, untuk membeli beras keperluan membayar zakat fitrah dari berbagai jenis, telah disiapkan para penjual. Dengan kantong kresek, berat seberat tiga liter lebih tinggal dibeli dan dipilih para calon pembeli. Tingginya permintaan untuk membeli beras tak hanya memenuhi membayar zakat fitrah, bagi keperluan sehari-hari pun cukup meningkat di bulan Ramadhan hingga jelang lebaran tahun ini.

Ini terlihat seperti di kawasan Pasar Induk Beras Muara Kelayan, Banjarmasin Selatan, serta sejumlah pasar tradisional yang ada di ibukota Kalimantan Selatan. Beberapa pedagang beras pun telah mendatangkan pasokan bahan pokok dari berbagai daerah untuk memenuhi permintaan yang tiap tahun akan meningkat, terlebih lagi untuk keperluan membayar zakat fitrah.

Gatot, pemilik toko beras di Pasar Teluk Tiram Laut, mengakui permintaan untuk beras saat bulan puasa dan jelang lebaran Idul Fitri tahun ini, sangat tinggi.

“Alhamdulillah, untuk jenis beras lokal seperti unus, siam dan lainnya, pasokannya cukup melimpah. Sebab, beberapa daerah penghasil seperti dari Anjir, Kabupaten Barito Kuala, telah panen saat memasuki bulan puasa,” ucap Gatot kepada jejakrekam.com, Minggu (9/5/2021).

BACA : Hadiri Panen Raya di Batola, Pj Gubernur Kalsel: Kita Tak Perlu Lagi Beras Impor

Ia mengungkapkan kebanyakan para pembeli memburu beras yang berkualitas untuk keperluan zakat fitrah. Harga beras termurah Rp 10 ribu per linter dan termahal sekitar Rp 12 ribu per liter.

“Ada kenaikan cukup signifikan selama bulan puasa. Bahkan, hingga kini, kami bisa menjual beras tiga ton selama bulan puasa ini,” kata Gatot.

Ia menegaskan tokonya pun melayani penjualan baik secara partai maupun eceran. Apalagi, banyak pembeli juga membeli beras dalam jumlah besar untuk keperluan zakat fitrah dan menyambut hari raya.

Tak hanya itu, beberapa pedagang pun menawarkan harga beras dari berbagai jenis untuk keperluan bayar zakat fitrah maupun keperluan sehari-hari. Seperti yang dilakukan Borneo Store99 yang menawarkan promo gratis ongkos kirim (ongkir) selama bulan Ramadhan untuk pembelian lima paket atau lebih di wilayah Banjarmasin.

Borneo Store99 berbasis di Jalan Perdagangan Nomor 05, Banjarmasin Utara, menawarkan paket zakat fitrah beras mayang super seharga Rp 48 ribu untuk paket 2,5 kilogram atau 3,5 liter. Paket 2,7 kilogram/4 liter Rp 55 ribu per kemasan dan paket 3 kilogram/4.5 liter Rp 60 ribu per kemasan.

BACA JUGA : Kadar Zakat Fitrah Di Banjarmasin Telah Ditetapkan, Tertinggi Rp 45 Ribu

Kemudian, jenis beras mutiara super dibanderol per kemasan untuk paket 2,5 kilogram/3,5 liter seharga Rp 48 ribu, paket 2,7 kg/4 liter Rp 55 ribu, dan paket 3 kg/4,5 liter Rp 60 ribu. Berikutnya, beras jenis karangdukuh  terdiri dari paket 2,5 kg/3,5 liter  Rp 47 ribu, paket 2,7 kg/4 liter Rp 54 ribu, paket 3 kg/4,5 liter Rp 58 ribu.

Sedangkan, beras siam ditawarkan per paket ukuran 2,5 kg/3,5 liter seharga Rp 43 ribu, paket 2,7 kg/4 liter Rp 47 ribu, paket 3 kg/4,5 liter Rp 50 ribu. Untuk jenis beras pandak dijual paket 2,5 kg/3,5 liter  Rp 35 ribu, paket 2,7 kg/4 liter Rp 40 ribu, paket 3 kg/4,5 liter Rp 45 ribu.

Ada pula, beras Cihireng dengan paket 2,5 kg/3,5 liter seharga Rp 30 ribu, paket 2,7 kg/4 liter Rp 35 ribu, paket 3 kg/4,5 liter Rp 38 ribu per kemasan.(jejakrekam)

Penulis Sirajuddin
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.