Sabar Dulu, Pelantikan Lima Pemenang Lelang Jabatan Pemkot Banjarmasin Tunggu Instruksi Mendagri

0

PEJABAT yang terpilih menduduki posisi pimpinan lima SKPD secara definitif di lingkup Pemkot Banjarmasin masih harus bersabar. Sebab, izin pelantikan dari Kementerian Dalam Negeri sampai sekarang tak kunjung keluar.

PENJABAT Sekretaris Daerah Kota Banjarmasin, Mukhyar, mengaku masih belum tahu kapan lima pemenang lelang jabatan tersebut akan dilantik. Meski saat ini sudah ada Pj Walikota Banjarmasin.

“Belum tahu kapan bisa dilantik. Tapi nanti kita lihat saja, apakah Mendagri melihat bahwa ini bisa segera dilantik,” ucapnya, Rabu (7/4/2021) di Balai Kota.

Kondisi seperti ini bukan hanya dialami Kota Banjarmasin. Namun juga sejumlah daerah di luar. Menurut Mukhyar, hal ini terjadi karena adanya aturan bahwa kepala daerah yang kembali maju di Pilkada 2020 tak diperkenankan melakukan pelantikan selama 6 bulan sebelum atau sesudah gelaran Pilkada.

“Kecuali ada izin dari Kemendagri, baru boleh. Meski di tahun 2020 sudah ada pemenang lelang, tapi berhubung izinnya belum turun ya tetap belum bisa dilantik,” jelasnya.

BACA JUGA: Hasil Lelang Jabatan Lima Kepala SKPD di Pemkot Banjarmasin Dipertanyakan

Mukhyar mengakui idealnya pemenang lelang sudah seharusnya dilantik. Sebab, nama-namanya diusulkan sejak bulan September 2020 lalu.

Dia pun meminta kepada pemenang lelang untuk tetap bersabar menunggu izin pelantikan dari Mendagri turun.

“Jadi, pejabat yang terpilih yang diusulkan alias yang menang lelang itu ya bersabar saja dahulu,” imbaunya.

BACA JUGA: Lima Pimpinan SKPD Kosong, Pemkot Buka Lelang Jabatan

Sekadar diketahui, lima pimpinan SKPD yang dimaksud di atas sampai kini masih diisi Pelaksana Tugas (Plt).

Adapun kelima pejabat yang disebut itu yakni Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperdagin) bakal diisi oleh Ichrom Muftezar.

Sementara, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja dan Damkar akan diisi Ahmad Muzaiyyin. Camat Banjarmasin Timur itu bukan wajah baru. Dia sebelumnya juga pernah menjadi bagian dari aparat penegak Perda tersebut.

Lalu, ada nama Wisdiasti Kartika yang bakal menduduki posisi Kepala Dinas Komunikasi, Informasi dan Statistik (Diskominfotik). Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Tenaga Kerja bakal diisi Syauqi.

Terakhir, ada Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan yang diisi Muhammad Makhmud. (jejakrekam)

Penulis M Syaiful Riki
Editor Donny

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.