Para Hakim PN Banjarmasin Ikut Rayakan HUT IKAHI ke-68

0

PARA hakim Pengadilan Negeri (PN) Banjarmasin mengikuti acara puncak HUT ke-68 Ikatan Hakim Indonesia (IKAHI) Tahun 2021, Kamis (18/3/2021) bersama Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia Prof. Dr. M. Syarifuddin.

MOMEN ulang tahun IKAHI ke-68 tahun 2021 kali ini mengangkat tema “Soliditas IKAHI dalam Mengawal Modernisasi Peradilan di Era Pandemi Covid-19 Menuju Peradilan yang Agung“. Kegiatan ini juga diikuti oleh Pengurus Daerah (PD) dan Pengurus Cabang (PC) IKAHI di seluruh Indonesia termasuk IKAHI Banjarmasin yang dipimpin Ketua PN Banjarmasin Moch Yuli Hadi.

Dalam arahannya, Ketua Mahkamah Agung Syarifuddin menyampaikan tujuh pesan penting untuk Anggota IKAHI. Ambil contoh, ia meminta agar sesama hakim harus senantiasa saling mengingatkan satu sama lain. Agar tidak melakukan perbuatan yang merugikan diri sendiri dan lembaga.

BACA JUGA: PN Banjarmasin Cetus Kampanye Simpatik Pembangunan Zona Integritas

Syarifuddin juga mengingatkan agar hakim harus berhati-hati dalam mengekspresikan pikiran, ucapan dan tindakan di media sosial. “Hakim tidak perlu ikut beropini dan memberikan pendapat di media sosial terhadap kondisi sosial atau peristiwa hukum yang terjadi di masyarakat,” ujarnya.

Dijelaskannya, hal apa saja yang diunggah lewat media sosial akan menjadi milik publik dan publik berhak menilai apapun tentang apa yang telah dipublikasikan. “Hakim harus memiliki akhlak dan prilaku yang lebih baik dibandingkan masyarakat pada umumnya,” tegas Syarifuddin.

BACA JUGA: Berikan Kemudahan, PN Banjarmasin Terapkan Aplikasi Layanan Berbasis Digital

Tak lupa, ia mengingatkan bahwa panggilan “Yang Mulia” bukan untuk dibangga-banggakan. Melainkan harus menjadi pengingat dan seorang hakim harus membiasakan diri untuk tidak mengatakan semua yang dipikirkannya, jika akan mengganggu kemandirian hakim lain.

Humas PN Banjarmasin, Aris Bawono Langgeng, mengatakan dengan acara HUT IKAHI kali ini, ia berharap pihaknya dapat selalu menjaga marwah penegakkan hukum.

“Kami ke depannya berusaha lebih baik lagi. Dan semoga IKAHI semakin solid kompak dan semakin jaya,” tutupnya. (jejakrekam)

Penulis Sirajuddin

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.