Jemput Bola, Puluhan Lansia di Banjarmasin Ikuti Vaksinasi Covid-19

0

PROGRAM vaksinasi Covid-19 tahap kedua di Banjarmasin masih tengah berlangsung. Menariknya, vaksinasi yang diperuntukan terhadap kalangan lanjut usia (Lansia) ini dilakukan dengan pola jemput bola.

POLA ini dilakukan oleh Puskesmas Pelambuan. Mereka menyasar Komplek Grawiratama RT 38 RW 14 Kelurahan Belitung Selatan, Kecamatan Banjarmasin Barat, Sabtu (6/3/2021)

Vaksinasi yang dilakukan sedari pukul 09.00  tersebut diikut sebanyak 4 RT di lingkungan setempat. Sebelum ini, Kepala Puskesmas Pelambuan, Taufik Rahman berkata telah melakukan sosialisasi.

BACA : Dirawat Di RSUD Ulin, Mantan Wagub Kalsel Rudy Resnawan Dan Istri Terpapar Covid-19

“Kita sudah melaksanakan sosialisasi akan vaksinasi Covid-19 tersebut terhadap lansia,” ujarnya.

Di kawasan ini, terdapat sebanyak 41 lansia. Namun, dua orang tidak bisa dilakukan suntik vaksin lantaran mengidap penyakit komorbid. Serta dua lagi yang vaksinasi nya harus tertunda.

“Yang ditunda itu biasa karena ada darah tinggi, kemudian ada gula darah serta faktor lain. Penundaan ini kita akan terapi dulu dan sembuhkan dan kita jadwalkan lagi di lain waktu,” jelasnya.

Menurut Taufik, antusias para lansia di tempat ini membuat pihaknya sempat mengalami kekurangan dosis vaksin Covid-19.

“Kita tadi menyediakan 3 vial untuk vaksin, tapi karena kurang, kita bawa lagi dari puskesmas. Kami sangat mengapresiasi antusias lansia disini untuk mendapat vaksinasi ini,” tuturnya.

Meski sudah divaksin, dia mengimbau para lansia tersebut untuk tetap patuh terhadap protokol kesehatan Covid-19. Tetap jalankan 4M. Menjaga jarak, mengenakan masker, mencuci tangan dengan sabun dan menghindari kerumunan.(jejakrekam)

Penulis Riki
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.