Dari Kemendagri, Posisi Penjabat Gubernur Kalsel Kini Resmi Dipegang Figur Safrizal

0

POSISI Pelaksana Harian (Plh) Gubernur Kalimantan Selatan yang dipegang oleh Roy Rizali Anwar rupanya tak berlangsung lama. Kini, Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian, menunjuk sosok Safrizal sebagai penjabat (Pj) untuk mengisi lowongnya jabatan orang nomor satu di Kalsel.

SAFRIZAL diketahui pejabat level kementerian. Sehari-harinya, ia menjabat sebagai Direktur Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan Kemendagri.

Pelantikan Pj Gubernur Kalsel ini digelar secara virtual di Kantor Kemendagri RI, pada Senin (15/2/2021). Pengambilan sumpah jabatan dilakukan langsung oleh Menteri Tito mewakili keputusan yang telah ditandatangani oleh Presiden Joko Widodo.

Prosesi pelantikan pun disertai penandatanganan berita acara dan penyerahan memori jabatan kepada Safrizal.

“Alhamdulillah kita saat ini telah melantik Pejabat Gubernur Kalsel yang baru setelah masa jabatan Gubernur sebelumnya telah habis,” ujar Tito dalam sambutannya usai melantik Safrizal.

Adapun kata Tito, pelantikan ini sempat tertunda karena dengan adanya hari libur imlek.

Sekadar diketahui, penunjukan Pj ini lantaran proses Pilkada Kalimantan Selatan masih berproses di Mahkamah Kontitusi (MK). Maka dari itu, ditunjuk figur penjabat untuk menjamin kelancaran roda pemerintahan di Kalsel.

Apalagi, ungkap mantan Kapolri ini, Kalimantan Selatan dilanda musibah banjir sehingga memerlukan keputusan kebijakan kepala daerah untuk penanggulangan bencana.

Tito berharap dengan penunjukan Safrizal, mampu menjalankan roda pemerintahan serta mendukung proses demokrasi hasil pilkada yang masih berproses di MK.

Selain itu, Safrizal diimbau mengoptimalkan penyerapan anggaran di wilayah kepemimpinannya hingga ke tingkat kota/kabupaten. (jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Donny

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.