Jadi Penyangga IKN, Pemkab Tanbu Tawarkan Kerja Sama ke Penajam Paser Utara

0

JAJARAN Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) melakukan kunjungan kerja ke Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), pada Kamis (04/02).

DALAM kunjungan kerja yang terkait pelaksanaan program pemberdayaan masyarakat itu, Sudian Noor dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada jajaran Pemkab PPU atas penerimaan mereka pada kunjungan itu.

Ia menjelaskan, penetapan ibu kota negara (IKN) di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) memberikan peluang bagi Tanbu karena turut menjadi daerah penyangga bagi IKN.

“Karena itu, IKN dan daerah penyangganya harus dapat menjalin hubungan yang erat agar dapat saling menguntungkan,” ujarnya.

Pertemuan ini, kata Sudian, bisa ditindaklanjuti dengan nota kesepahaman serta pertemuan antara SKPD masing-masing pemkab guna menggambarkan potensi kerjasama yang ada.

Ia mencontohkan, banyak truk angkutan barang yang masuk ke Kab Tanbu yang berasal dari Kalimantan Timur.

“Setelah bongkar, mereka pulangnya ada yang kosong. Apabila kekosongan itu diisi dengan komoditas dari Tanah Bumbu, maka jadi lebih menguntungkan,” jelasnya.

Kesempatan seperti itu, ujar Sudian, membuka peluang kerja sama antara daerah IKN dalam hal ini Pemkab PPU dan daerah penyangga yaitu Pemkab Tanbu.

“Kerja sama itu juga akan meningkatkan percepatan pembangunan di kota penyangga,” tandasnya. (jejakrekam)

Penulis Muaz
Editor Donny

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.