Husairi Abdi

Gegara Dukungan PPP, Penelitian Berkas Pencalonan Berry-Pahrijani Sempat Berlangsung Alot

0

DI DETIK-detik terakhir ditutupnya masa pendaftaran pasangan bakal calon Bupati-Wakil Bupati Hulu Sungai Tengah (HST) berlangsung cukup alot di KPU HST, Minggu (6/9/2020) malam.

SAAT mendaftarkan diri, Berry Nahdian Forqan yang merupakan Wakil Bupati HST ini menggandeng mantan Kasdim 1002/Barabai, Mayor (Purn) Pahrijani pun saat menyerahkan berkas pencalonan mengenakan baju adat Banjar.

Dibalut setelan baju hijau dan mengenakan laung merah, Berry-Pahrijani didampingi tiga perwakilan parpol pengusung. Yakni, dari PDI Perjuangan, PKPI dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Hingga menjelang tengah malam, suasana pun tampak alot. Jajaran KPU bersama Bawaslu HST pun berdialog untuk menentukan memenuhi syarat atau tidaknya berkas pencalonan yang diajukan Berry-Pahrijani.

Sebab, sebelumnya, saat menyerahkan berkas pencalonan duet Saban Effendi-Habib Abdillah Alaydrus juga mencantumkan sokongan dari PPP. Meski, jago usungan Partai Golkar, PAN, Partai Gerindra dan Nasdem ini pun melampaui ambang batas syarat pencalonan.

BACA : PDIP-PKPI Positif Usung Berry-Pahrijani, Dukungan PPP Berpotensi Ganda Di Pilkada HST?

Komisioner KPU HST Abdul Hadi pun mengakui proses pendaftaran untuk bakal paslon Berry-Pahrijani cukup alot, terkait dukungan ganda yang diberikan PPP.

“Makanya, kami melakukan proses penelitian dan pengecekan untuk dukungan PPP. Terutama, soal formulir B1 KWK parpol,” kata Hadi kepada jejakrekam.com, Minggu (6/9/2020) malam.

Usai berlangsung cukup lama, akhirnya Ketua KPU HST Johransyah pun membacakan hasil kesimpulan yang menyatakan  berkas pencalonan Berry-Pahrijani telah memenuhi syarat.

“Dari semua penelitian dokumen persyaratan dan kelengkapan berkas calon dari bakal paslon Berry Nahdian Forqan-Pahrijani telah memenuhi syarat,” ucap Johransyah.

Ia pun membacakan dalam penelitian dokumen dan persyaratan calon, soal keabsahan dan kelengkapan yang dinyatakan telah memenuhi syarat. Menariknya, prosesi ini pun disiarkan secara live melalui video streaming oleh KPU HST.

BACA JUGA : Nama Berry-Fahrijani Mulai Mencuat, Suksesi HST 1 dan 2 Diincar Banyak Kandidat

Ditetapkannya berkas pencalonan Berry-Pahrijani memenuhi syarat disambut rasa syukur dan gembira Ahdiat R. Pendukung calon petahana Wabup HST Berry Nahdian Forqan yang kini bertarung mengincar kursi orang nomor satu di Bumi Murakata ini mengakui kondisi tersebut.

“Namun, alhamdulillah, semua sudah kelar. Berkas pencalonan Berry-Pahrijani (Berani) telah memenuhi syarat,” kata aktivis lingkungan ini.(jejakrekam)

Penulis Ahmad Husaini/Didi GS
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.