Nama Berry-Fahrijani Mulai Mencuat, Suksesi HST 1 dan 2 Diincar Banyak Kandidat

0

LIMA kontestan hampir dipastikan akan berlaga dalam perebutan kursi Bupati-Wakil Bupati Hulu Sungai Tengah (HST) pada 9 Desember 2020. Untuk sementara ini, ada tiga peserta dari jalur independen plus dua pasangan calon dari usungan koalisi parpol.

PASANGAN bakal calon Bupati-Wakil Bupati HST dari jalur independen, Aulia Oktafiandi-Mansyah Saberi telah lolos dan mengantongi tiket untuk mendaftar bermodal 19.814 syarat dukungan di tahap verifikasi faktual pertama.

Disusul, tahap verifikasi hasil perbaikan, Fakih Jarjani-Abu Yazid Bustami mengumpulkan pendukung dari 11 kecamatan di HST, berjumlah 20.602 syarat dukung. Kemudian, duet Ahmad Tamzil-H Mohamad Ilham Effendhy juga berhasil memenuhi syarat dukungan bertotal 20.564 berkas.

Sementara, dari jalur kongsi parpol pengusung di DPRD HST hasil Pemilu 2019 ada duet Saban Effendi-Habib Abdillah Alyadrus (Habib Didil) yang mayoritas meraih dukungan partai.

BACA : Berry Urung Terima SK Rekomendasi Parpol Pengusung? PKPI Sebut Ada Kejutan di Last Minute

Menariknya, di detik-detik masa pendaftaran bakal calon yang resmi dibuka pada Jumat (4/9/2020) hingga berakhir pada Minggu (6/9/2020), mencuat nama Wabup HST Berry Nahdian Forqan yang akan berpasangan dengan eks Kasdim Barabai, Mayor Inf Fahrijani. Kabarnya, Berry akan diusung koalisi PDIP, PKPI plus PPP.

Ketua KPU HST Johransyah pun mengakui untuk sementara ada empat bakal pasangan calon yang akan resmi mendaftarkan diri. Yakni, tiga kontestan dari jalur independen, dan satu bakal pasangan calon usungan koalisi parpol.

“Soal adanya poros kelima atau tidak, itu bukan urusan KPU HST. Yang pasti, kami hanya menerima konfirmasi dari para bakal pasangan calon Bupati-Wakil Bupati HST yang akan mendaftarkan diri,” kata Johransyah kepada jejakrekam.com, Kamis (3/9/2020).

Sesuai agenda, duet Aulia Oktafiandi yang merupakan putra mantan Bupati HST Saiful Rasyid bersama eks anggota DPRD Kalsel dari Golkar, Mansyah Sabri mendaftarkan diri pada Jumat (4/9/2020) ke KPU HST, Barabai.

BACA JUGA : Direkomendasi Gerindra, Berry-Tajudin Bersaing dengan Tiga Pasangan Cabup-Cawabup HST

Rencananya, pada Sabtu (5/9/2020), giliran mantan Sekdakab HST Ahmad Tamzil-H Mohamad Ilham Effendy yang akan menyerahkan berkas pendaftaran calon ke KPU HST.

Menariknya, Fakih Jarjani yang merupakan satu-satunya calon independen yang turut didukung partai politik, PKS menggandeng Abu Yazid Bustami berencana mendaftarkan diri pada Sabtu (5/9/2020).

BACA JUGA : Minus HST, Golkar-PKS Sepaket Satu Napas Songsong Pilkada Kalsel

“Iya, memang PKS bukan menjadi parpol pengusung, tapi hanya pendukung. Yang pasti, dari konstelasi politik yang ada, kemungkinan ada lima pasangan calon yang akan bertarung di Pilkada HST. Kabar terakhir menyebutkan Pak Wabup (Berry Nahdian Forqan) akan maju di Pilkada HST ini,” ucap Fakih Jarjani.

Mantan Ketua DPRD HST ini berharap dengan banyak figurnya berlaga di suksesi 2020, maka banyak pilihan calon pemimpin yang bisa dipilih rakyat.(jejakrekam)

Penulis Ipik Gandamana
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.