Borneo Muda Kalsel Minta Pemda Segera Migitasi Bencana Banjir

0

DARI pintu ke pintu, bantuan diserahkan aktivis Borneo Muda Kalimantan Selatan bagi warga korban terdampak banjir di Pelaihari, Tanah Laut, Minggu (12/7/2020).

SEDIKITNYA ada 100 paket bantuan paket sembako diserahkan Koordinator Wilayah Borneo Muda Kalsel, Khaidir Sofa kepada para korban terdampak banjir khususnya di Desa Sarang Halang, Kecamatan Pelaihari, Tanah laut.

“Walau nilainya kecil, tapi ini bentuk kepedulian kami terhadap Banua tercinta yang tertimpa musibah banjir. Bantuan ini merupakan swadaya dari anggota Borneo Muda Kalsel, titik pembagian sementara ke wilayah terdampak di Sarang Halang,” kata Sekjen Borneo Muda, Ahmad Zaki kepada jejakrekam.com, Minggu (12/7/2020).

BACA : Banjir Di Pelaihari Sempat Meluas, Kini Air Mulai Berangsur Surut

Harapannya, kata Zaki, semoga musibah banjir ini cepat berlalu agar masyarakat kembali bisa beraktivitas kembali.

“Kami juga pemerintah daerah segera mengambil sikap kenapa bisa terjadi banjir ini. Apakah ini sudah menjadi bencana ekologis baik Kalsel, sebab begitu hujan lebat seharian semalam, maka pasti banyak daerah dilanda banjir. Ini harus segera dimigitasi dan diantisipasi, karena dampak banjir sangat terasa, bukan hanya soal sosial tapi juga perekonomian masyarakat di tengah pandemi,” tutur Ahmad Zaki.

BACA JUGA : Pelaihari dan Sekitarnya Terendam Banjir, Akses Jalan Nasional Menuju Batulicin Terputus

Sementara itu, data sementara dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tanah Laut menyebut bencana banjir terjadi di Kecamatan Tanah Laut, Batu Ampar, Bajuin dan Kintap pada Sabtu (11/7/2020).

Berdasar data BPBD Tanah Laut menyebutkan hingga Minggu (12/7/2020), total rumah terendam sebanyak 1.577 buah, dengan korban terdampak 1.778 kepala keluarga (KK) dan 5.935 jiwa.

BACA JUGA : Banjir Melanda, Walhi Sebut Bukti Kalsel Sudah Darurat Bencana Ekologis

Selain mengevakuasi warga terdampak banjir, BPBD Tanah Laut bersama Kodim 1009/Pelaihari, Polres Tala, PMI Tala, dan Dinsos Tala membangun dapur umum di area Koramil Pelaihari, Jalan Datu Daim, Kelurahan Pelaihari. Hingga pendistribusian bantuan sembako bagi korban terdampak banjir.(jejakrekam)

Penulis Sirajuddin
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.