Hingga Momen Idul Adha, Stok Gula di Pastikan Aman

0

JELANG momen hari besar umat muslim Idul Adha, Ketua Asosiasi Gula Bersatu (AGB) Kalsel H Aftahuddin memastikan pasokan gula pasir masih aman.

HAL tersebut diungkapkannya bukan tanpa alasan, mengingat dari sisi stoknya di gudang distributor yang ada di Kalsel, masih cukup untuk memenuhi kebutuhan selama 1 bulan kedepan.

“Digudang distributor, stok gula masih mencapai 1.500 ton. Itu juga stoknya akan terus bertambah karena disuplai oleh beberapa daerah penghasil. Jadi kalau ditanya apakah aman sampai Idul Adha mendatang, kami pastikan aman,” ungkapnya, Kamis (8/7/2020).

BACA : Momen Ramadhan, AGB Kalsel Pasok 750 Ton Gula Pasir Di Pasaran

Apalagi saat ini daerah penghasil tebu sudah mulai memasuki masa panen sampai November mendatang. Jadi berapa pun kebutuhan gula yang diinginkan distributor gula di Kalsel, pasti akan dipenuhi oleh pabrik.

“Karena melimpahnya stok gula dipasaran, harganya pun saat ini sudah dijual diangka Rp 12.500 perkilo. Harga tersebut tentunya sudah sesuai dengan harga eceran tertinggi (HET) yang ditetapkan oleh pemerintah,” tambahnya.

Terkait konsumsi gula di momen Idul Adha diakuinya tidak akan sebesar pada momen Ramadhan dan Idul Fitri. Kalau pun naik paling hanya berkisar diangka 5-10 persen dibanding hari biasa.

“Tapi kemungkinan momen Idul Adha tahun ini konsumsi gula akan lebih besar dari pada beberapa tahun sebelumnya. Ini dikarenakan batalnya ibadah haji tahun ini sehingga membuat banyak warga Kalsel beraktivitas di daerahnya sendiri,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Akhmad Faisal
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.