ACT

Tak Ada Pawai dan Takbir Keliling, Hanya Takbiran dari Pelantang Suara Masjid

0 59

USAI shalat maghrib, seluruh masjid dan mushalla di Kota Banjarmasin serentak menyuarakan takbir sebagai penanda menyambut lebaran Idul Fitri 1 Syawal 1441 Hijriyah yang jatuh pada Minggu (24/5/2020) besok.

NAMUN suasana malam takbiran pada tahun ini sangat jauh berbeda. Bahkan, Banjarmasin tampak sedikit lengang, terutama di beberapa ruas jalan yang biasanya dipenuhi pawai atau takbiran keliling.

Tak ayal, beberapa warga Banjarmasin pun mengakui lebaran tahun ini terasa berbeda seperti pada tahun-tahun sebelumnya. Pasalnya, tak ada pelaksanaan takbiran keliling atau pun kemeriahan seperti pada tahun sebelumnya.

“Memang kita tetap menggelar takbiran di masjid, tetapi rasanya seperti ada yang beda dari tahun sebelumnya,” ucap warga Banjarmasin, Abdullah kepada jejakrekam.com, Sabtu (23/5/2020).

BACA : Masih Ada Zona Hijau, Seluruh Masjid Di Banjarmasin Tak Gelar Shalat Ied

Senada itu, Dana, warga Banjarmasin lainnya merasa malam takbiran Idul Fitri tahun ini memang berbeda dari tahun sebelumnya. Bahkan, ia mengaku bulan Ramadhan tahun ini terasa seakan begitu cepat berakhir di tengah pandemi dan aturan PSBB.

“Apalagi besok saat lebarannya tidak ada pelaksanaan shalat ied berjamaah di masjid seperti biasanya,” ungkapnya.

BACA JUGA : Shalat Idul Fitri Ditetapkan Besok Minggu, Warga Kalsel Diminta Ibadah Di Rumah Saja

Saat ini ibukota Kalsel itu masih dihantui pandemi virus corona ditambah aturan PSBB dan dinyatakan zona merah Covid-19. Praktis, Pemerintah Kota Banjarmasin mengimbau umat muslim setempat untuk melaksanaan shalat ied di rumah saja.

Dua warga Kota Seribu Sungai ini berharap agar pandemi Covid-19 di seluruh Indonesia khususnya di Kota Banjarmasin cepat segera berakhir. Sehingga aktivitas seperti biasa dapat berjalan dengan normal.(jejakrekam)

Penulis M Syaiful Riki
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.