Naik 46 Kasus Dalam Sehari, Pasien Covid-19 Kalsel Tembus 484 Orang

0

PEMERINTAH Provinsi Kalimantan Selatan kembali memperbarui data sebaran kasus corona, pada Selasa   (19/5/2020) sore. Melalui Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kalsel, per hari ini, pemerintah kembali melaporkan adanya lonjakan pasien covid-19 yang signifikan, yakni 46  kasus.

PENAMBAHAN  pasien corona hari ini berasal dari pasien pasien dalam pengawasan (PDP) yang terkonfirmasi positif sebanyak 22 pasien, serta dari hasil tracing sebanyak 18 pasien. Sisanya, ada yang meninggal beberapa hari yang lalu sebanyak 6 pasien.     

“PDP yang terkonfirmasi positif itu berasal dari RSUD Ulin 8 orang, RSUD Moch Moch Ansari Saleh 8 orang, RS Idaman Banjarbaru 3 dan masing-masing 1 pasien dari Rumah Sakit Hadji Boejasin, Rumah Sakit Ratu Zaleha, Rumah Sakit Ciputra dan Rumah Sakit Hasan Basri Kandangan,” ujar Juru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kalsel, HM Muslim, dalam siaran pers yang diterima jejakrekam.com.

Sedangkan, untuk pasien hasil tracing sebanyak 18 orang tersebut berasal dari Kabupaten Tapin 9 pasien, Kabupten Banjar 7 pasien, serta 2 pasien dari Kota Banjarbaru.     

“Terkait pasien PDP yang meninggal dunia beberapa waktu lalu dimana hasil PCR nya sudah keluar menunjukkan terkonfirmasi positif sebanyak 6 pasien yakni KS Covid # 49, 440,441,442 dan 92,” kata Muslim.     

Selain mengabarkan adanya pasien yang terkonfirmasi positif dan meninggal dunia, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalsel ini juga ada 2 pasien Covid-19 yang berhasil sembuh setelah dikarantina di kawasan Ambulung Banjarbaru, yakni dengan identitas KS Covid# 97 warga dari Kabupaten Balangan dan KS Covid # 90 warga dari Kabupaten Banjar.

BACA: Naik 34 Kasus Dalam Sehari, Pasien Covid-19 Kalsel Tembus 438 Orang

Atas perkembangan hari ini, maka secara akumulatif jumlah pengidap Covid-19 sudah tercatat sebanyak 484 kasus diantaranya dirawat di berbagai rumah sakit sebanyak 98 pasien, karantina khusus sebanyak 260 pasien, pasien sembuh sebanyak 75 pasien, dan meninggal dunia sebanyak 51 pasien   

“Untuk PDP hari ini ada penambahan 8 kasu , angka itu didapat dari pasien dari Rumah Sakit Ulin sebanyak 4 kasus warga Kota Banjarmasin, Rumah Sakit Hasan Basri Kandangan 2 kasus warga HSS,  dan dari Rumah Sakit Moch.Ansyari Saleh 2 kasus warga Kabupaten Barito Kuala.      Jumlah PDP hari berkurang yang mana sebelumnya 84 kasus dan kini hanya 77 kasus, namun yang terkonfirmasi positif menjadi 22 kasus,” bebernya.     

Adapun untuk jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) pada hari ini ada pengurangan  sebanyak 267 orang. Sebelumnya  977 ODP dan kini hanya 710   ODP 

“ODP masih didominasi Kabupaten Tanah Bumbu  sebanyak 280, disusul Kota Banjarmasin  203, Kabupaten Banjar 91 , Tanah Laut 36,Kota Banjar4baru 21 , Barito Kuala dan HSS masing -masing 20 ODP,  HST 8,Masing-masing 7 Kabupaten Tabalong, HSU dan Balangan serta 5 ODP masing-masing Kabupaten Kotabaru dan Balangan,” pungkasnya (jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Almin Hatta

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.