Bertambah 13 Kasus, Jumlah Pasien Covid-19 Kalsel Kini Tembus 170 Orang

0

PEMERINTAH Provinsi Kalimantan Selatan kembali memperbarui data sebaran kasus corona di Banua, Kamis  (30/4/2020). Melalui Tim Gugus Tugas Covid-19 Kalsel, pemprov hari ini melaporkan ada tambahan pasien yang terjangkit virus ini sebanyak 13 orang.

JURU Bicara Tim Gugus Tugas Covid-19 Kalsel, HM Muslim, menuturkan penambahan belasan kasus ini berasal lima pasien dari Kota Banjarmasin. Dengan rincian, pasien itu dirawat di RSUD Ulin sebanyak dua orang, RSUD Moch Ansyari Saleh juga 2 orang, serta 1 dari isolasi mandiri.

Selain itu, ada pula penambahan 8 kasus dari hasil dari telusur atau tracking sebanyak 1 orang dari Kabupaten Barito Kuala dan 7 orang dari Kota Banjarmasin.     

“Dengan demikian, (per hari ini) jumlah pasien yang terkonfirmasi positif sebanyak 170 pasien. Yang terdiri dari 137 Pasien yang dirawat di berbagai rumah sakit yang ada di kalsel dan dilakukan isolasi mandiri, 23 orang sembuh dan meninggal dunia sebanyak 10 pasien,” kata Muslim dalam siaran pers yang diterima jejakrekam.com.

BACA: Kalsel Kembali Catat Kasus Kematian Pasien Covid-19, Dua Disumbang Dari Banjarmasin

Di samping pasien yang melaporkan lonjakan pasien terkonfirmasi positif, Muslim juga mengatakan angka pasien dalam pengawasan (PDP) juga mengalami kenaikan. Jika sebelumnya hanya 16 pasien, saat ini menjadi 19 PDP.

“Hari ini bertambah, karena ada dinamika PDP yang berubah status menjadi positif sebanyak 5 pasien. Serta ada 1 PDP yang hasil tes PCR negatif yang kemarin di Rawat di Rumah Sakit Sultan Suriansyah Banjarmasin.  Lalu, tercatat hari ini ada tambahan  9 pasien PDP , diantaranya dari Ulin 3 pasien, Kabupaten Tanah Bumbu 3 pasien, Kabupaten Balangan 1 pasien serta dari Rumah Sakit Idaman Kota Banjarbaru dari Kabupaten Banjar 2 pasien,” ujarnya.

BACA JUGA: Lawan Covid-19, Pakar Kesehatan ULM Saran Bangkitkan Optimisme Masyarakat     

Dalam kesempatan yang sama, Muslim juga menyampaikan kabar baik bahwa ada tiga pasien yang berhasil sembuh dari virus corona.

“Pasien yang sembuh sebelumnya dirawat di Rumah Sakit Moch Ansyari Saleh sebanyak dua orang dan satu pasien dari isolasi. Ini semua  warga Banjarmasin. Identitasnya KS Covid # 18,27 dan 99, ” kata dia.    

Selanjutnya, pada hari ini Muslim membeberkan jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) juga ada penurunan sebanyak 63 ODP.  Sebelumnya sebanyak 1.333 orang dan sekarang tersisa 1.270 orang.     

“Yang terbanyak masih Kota Banjarmasin sebanyak 549, disusul Kabupaten Tanah Bumbu 269, Kota Banjarbaru 182, Kabupaten Banjar 71, HSS 36, Kabupaten Tapin sebanyak 43, Tabalong 25, HST 29, Tanah Laut 22,HSU 15,   Balangan 5 , Barito Kuala 17 serta yang terendah Kabupaten Kotabaru hanya 7 ODP,” tandas Muslim. (jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Almin Hatta

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.