Kades-Camat Inisiatif Melakukan Screening Test

0

APARAT desa di Sungai Tabukan dan Paminggir melakukan inisiatif melakukan screening test kesehatan guna mencegah penyebaran Covid-19. Kegiatan ini dilakukan di puskemas masing-masing kecamatan.

BUPATI HSU H Abdul Wahid HK mengapresiasi kepala desa dan camat melakukan tes kesehatan untuk mencegah Covid-19 di HSU. “Hendaknya para kades dan aparat kecamatan lainnya bisa mengikuti jejak serupa dengan memeriksakan diri ke pos-pos layanan kesehatan terdekat,” ujar Wahid.

Wahid mengimbau bagi aparat pemerintah dan masyarakat yang baru tiba dari melakukan perjalanan luar daerah untuk memeriksakan diri ke puskesmas guna menjaga kesehatan diri, keluarga dan lingkungan.

Menurutnya, semua puskesmas siap melayani masyarakat yang ingin melakukan pemeriksaan kesehatan, seperti tes suhu tubuh, mengajukan pertanyaan tentang keluhan kesehatan, dan riwayat perjalanan keluar daerah.

Camat Sungai Tabukan H Syahbuddin Nor yang turut memeriksakan diri bersama para staf kecamatan juga menyatakan bangga atas kesadaran kepala desa untuk datang ke puskesmas menjalani tes kesehatan.

“Kesadaran dan dukungan warga juga cukup besar dalam rangka upaya pencegahan penyebaran Covid-19, misalnya beberapa desa berinisiatif menyediakan sarana tempat cuci tangan di depan rumah warganya dengan memodifikasi kaleng plastik bekas cat dengan dipasangi keran,” terangnya.

Para kepala desa dikecamatan ini juga dengan sigap merespon imbauan bupati untuk membuat spanduk yang berisi imbauan untuk mencegah penyebaran Covid-19 melalui penerapan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

“Alhamdulillah, warga di Kecamatan Sungai Tabukan sangat peduli dan mendukung upaya pencegahan penyebaran virus Corona, bahkan salah satu lembaga pendidikan, yakni Zadul Ma’ad bersedia menyediakan ruang khusus untuk keperluan isolasi bagi warga yang baru tiba dari perjalanan luar daerah,” katanya.(jejakrekam)

Penulis Muhammad
Editor Andi Oktaviani

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.