Jangan Panik Hadapi Covid-19, Disdag Kalsel Jamin Ketersediaan Sembako

0

DITENGAH merebaknya wabah Virus Corona di Indonesia, Dinas Perdagangan (Disdag) Kalsel melakukan langkah strategis, untuk dapat menjaga stok kebutuhan pokok dipasaran tetap tercukupi.

KEPALA Disdag Kalsel, Bierhasani mengatakan, ada beberapa langkah strategis yang akan dilakukan pihaknya salah satunya dengan menginstruksikan Disdag di kabupaten kota untuk membuat surat edaran kepada masyarakat, tentang jaminan pemerintah terkait amannya pasokan sembako dan himbauan untuk tidak melakukan aksi borong.

“Karena jika terjadi aksi borong akan memicu terjadinya inflasi, segera mungkin kami akan mengirimkan surat himbauan agar masyarakat untuk tetap tenang dan tidak melakukan aksi borong,” ungkapnya, Selasa(17/3/2020).

BACA: Pengajian Guru Zuhdi Tetap Diadakan, Pengelola Masjid Sabilal Bakal Pasang Thermal Scanner

Bahkan, pihaknya juga berupaya akan berkunjung  seminggu sekali ke distributor melakukan pengecekan stok kebutuhan pokok secara real untuk masyarakat.

“Ditingkat pengecer pun kami juga lakukan pemantauan harga setiap harinya. Namun untuk mengurangi kemungkinan petugas terkena virus corona, sementara waktu petugas diarahkan hanya menggunakan telpon untuk melakukan pengecekan harga kepada pedagang pasar,” tambahnya.

Dari kebijakan yang telah dilakukan tadi sejauh ini harga dan stok sembako dipasaran masih terpantau aman dan stabil. Kalau pun ada kenaikan, khususnya jenis gula.

Saat ini pemerintah daerah bersama distributor masih mengusahakan mendatangkan pasokan gula dari luar daerah sembari menunggu datangnya gula kristal putih dan raw sugar impor yang sudah disetujui olehnpemerintah. “Kalau itu nantinya sudah masuk ke Kalsel. Harga gula dipasaran pasti akan segera turun dan masyarakat tidak terbebani lagi,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Akhmad Faisal
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.