Serap Aspirasi Konstituen, Hasan Reses di Batola

0

ANGGOTA DPRD Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) Daerah pemilihan Barito Kuala (Batola) H Hasanuddin Murad, melakukan reses di wilayah pemilihannya, pada Rabu (19/02/2020) lalu.

DALAM reses tersebut, Hasanuddin Murad melakukan sejumlah pertemuan dengan warga di Kelurahan Marabahan Kota. Antara lain dengan warga di RT 17, tepatnya di rumah Ketua RT 17 Muhammad Abdan di Gang Seroja, Jalan AES Nasution, Marabahan.

Reses yang dilakukan mantan Bupati Batola periode 2007-2012 dan 2012-2017 ini juga dihadiri Camat Marabahan Eko Purnama Sakti, dan Lurah Marabahan Kota, Raudatul Jannah.

Di awal pertemuan, anggota DPRD Provinsi Kalsel Komisi I yang membidangi Pemerintahan dan Hukum itu menjelaskan tentang reses yang dilaksanakannya.

Baca : Hasanuddin Murad Ketua Pansus Tatib DPRD Kalsel

Di hadapan puluhan warga baik laki-laki maupun perempuan, Hasan (panggilan H Hasanuddin Murad) mengutarakan, reses yang dilakukan ini selain memenuhi jadwal kegiatan DPRD Kalsel, juga untuk menyerap aspirasi masyarakat pemilih.

“DPRD merupakan lembaga perwakilan rakyat daerah yang berkedudukan sebagai unsur penyelenggaraan pemerintahan daerah, dituntut untuk melakukan internalisasi secara intens dengan konstituen,” katanya.

Hasil serapan berupa usulan, harapan, maupun aspirasi yang diterima dari masyarakat itu, lanjut Hasan, kemudian disampaikan kepada pihak eksekutif untuk mendapatkan tanggapan dan tindak lanjut.

Makanya, jelas pria yang juga pernah menjadi anggota DPR-RI selama 8 tahun itu, setiap periode tertentu (setiap 3 atau 4 bulan sekali) anggota DPRD itu melakukan reses ke daerah pemilihnya.

Di kesempatan reses ini juga dilaksanakan dialog. Berbagai keinginan pun terlontar. Antara lain,  keinginsn perbaikan jembatan, pengadaan traktor pertanian, pengadaan peralatan pertanian dan obat- obatan termasuk pupuk, hingga rencana pembentukan BPK di RT 17 termasuk dalam upaya pemenuhan persyaratannya.

Semua usulan yang disampaikan mendapat tanggapan positif dari Hasan. Ia menyatakan berupaya memfasilitasi aspirasi ke SKPD terkait di Pemprov Kalsel untuk mendapatkan tindaklanjut.
Seperti diketahui, DPRD Provinsi Kalsel sejak pada 19-23 Februari 2020 melaksanakan kegiatan reses di dapil masing-masing. H Hasanuddin Murad yang merupakan anggota Komisi I dari Dapil Batola melakukan reses ke sejumlah daerah di Batola.
Daerah-daerah yang menjadi sasaran kunjungan diantaranya Desa Bagus, Desa Baliuk, dan Marabahan Kota, Ulu Benteng, permukiman kebun yang ada di Desa Talaran, RT 5 dan RT 17 Ulu Benteng, Desa Lepasan Kecamatan Bakumpai, dan lainnya. (Jejakrekam)

Penulis Ahmad Husaini
Editor Almin Hatta

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.