Barito Utara Siaga Bencana

0

JAJARAN Pemerintah Daerah Kabupaten Barito Utara kini dalam kondisi siaga bencana, dengan melakukan kesiapsiagaan memonitor terjadinya bencana sekaligus tahapan penanggulangannya.

SIAGA bencana ini ditandai dengan apel gelar pasukan penanganan bencana yang  dilaksanakan di halaman Mapolres Barito Utara,  Kamis (9/1/2020). Acara ini dipimpin  Kapolres Barut  AKBP. Dodo Hendro Kusuma SIK. Turut hadir Bupati H Nadalsyah, Wakil Bupati Sugianto Panala Putra dan Sekda Jainal Abidin. 

BACA : Kapolres Bersama Dandim Cek Kesiapan Pos Pengamanan Tahun Baru

Kapolres AKBP Dodo Hendro menyatakan, apel gelar pasukan dan peralatan bertajuk Aman Nusa Dua 2020 ini  dalam rangka menghadapi kontijensi bencana alam di wilayah hukum Polres Barito Utara. “Maksud dan tujuan diadakannya apel ini dalam rangka menyamakan persepsi untuk saling membantu antar personil serta kesiapan peralatan,” katanya.

Dalam upaya mencegah dan menangani bencana alam yang terjadi di wilayah Kabupaten Barito Utara, Dodo Hendro sangat berharap adanya sinergitas dan kerjasama yang baik dalam penanganan bencana, terlebih memasuki musim hujan saat ini. “Bencana banjir dan tanah longsor bisa terjadi kapan saja. Jadi, semua pihak diharapkan secara bersama mampu menanggulanginya, baik sebelum maupun pasca bencana,” tegasnya.

BACA JUGA : 107 ASN di Pemkab Barito Utara Dimutasi

Dodo mengingatkan, upaya ini tidak berhenti di sini saja. Tetapi ke depan bisa bekerjasama dan keberlanjutan  dalam penanggulangan bencana. “Penanganan bencana tidak bisa berdiri sendiri, melainkan harus dilakukan oleh semua pihak, baik pemerintah pusat, daerah, swasta dan masyarakat,” tegasnya.

Kapolres juga menghimbau seluruh unsur yang hadir, baik pemerintah daerah, TNI, serta masyarakat agar lebih aktif secara bersama-sama melakukan kegiatan sosialisasi sebelum terjadinya bencana. Yaitu saling memberikan informasi sesuai dengan bidangnya masing-masing.

BACA LAGI : Malam Pergantian Tahun Pemkab Barito Utara Adakan Zikir Dan Sholawat

Kapolres mengingatkan, seluruh personil Satgas yang bergabung agar melaksanakan tugas dengan penuh keimanan kepada Tuhan Yang Maha Esa, mematuhi dan mengetahui tugasnya masing-masing. “Semua anggota harus meningkatkan kewaspadaan dan langsung bertindak begitu terjadi bencana, dengan melakukan koordinasi bersama instansi lainnya,” katanya.

Tak lupa Kapolres AKBP Dodo Hendro mengingatkan agar ada pengawasan dan pengendalian secara melingkar dengan hadir di tengah anggota saat pelaksanaan tugas. Sehingga mengetahui kekurangan maupun kendala yang dihadapi, guna meminimalisir kesalahan baik personal maupun material dalam tugas.

“Mari kita jadikan Operasi Aman Nusa Dua 2020 ini untuk berkomitmen dalam penanganan bencana di wilayah Kabupaten Barito Utara. Semoga segala tugas yang kita laksanakan bernilai,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Syarbani
Editor Almin Hatta

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.