Genjot Pendapatan, Desa Lemo I Bakal Kelola Air Terjun Jelitung

0

KUCURAN dana alokasi desa dari APBD dan dana desa yang bersumber dari APBN yang begitu besar,  harus benar-benar bisa dimanfaatkan secara tepat sasaran oleh kepala desa dan aparatur penyelenggara desa.

HAL ini dikatakan Camat Teweh Tengah,  Mastur saat berada di Desa Lemo I, Kabupaten Barito Utara, Provinsi Kalimantan Tengah, Selasa (24/12/2019). Ia mengingatkan agar kepala desa bisa memanfatkaan dana yang ada untuk pembangunan infrastuktur mendasar serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Para  kades juga harus pandai mencari terobosan usaha yang sifatnya mendapat keuntungan,  sehingga dapat menambah modal kerja. Seperti yang ada sekarang ada badan usaha milik desa (bumdes),” ucap Camat Teweh Tengah, Mastur.

BACA : Kades Harus Paham Aturan Pengunaan Dana Desa

Menurut dia, dengan adanya inovasi tersebut,  maka nantinya desa tidak ketergantungan lagi dengan dana untuk pembangunan. Akan tetapi, kata Mastur, bisa mencari modal sendiri, dengan catatan perlu bekerja keras dari para pemangku kepentingan.

“Saya berharap para kepala desa dapat berinovasi dan bekerja lebih giat untuk mewujudkannya. Dan harapan ke depan setiap hari harus ada kegiatan,” kata Mastur.

Apalagi, menurut dia, Desa Lemo I mempunyai banyak peluang usaha seperti dengan perusahaan tambang dan perusahaan lainnya. Dengan begitu, bisa bermitra yang sifatnya mendatangkan keuntungan.

BACA JUGA : HSU Terima Penghargaan Kategori Pengelolaan DAK Fisik dan Dana Desa Terbaik

Sementara itu, Kepala Desa Lemo I Nuripansyah mengatakan untuk wilayahnya akan dikelola obyek wisata Air Terjun Jelitung, di mana pengelolaannya melalui badan usaha milik desa.

Menurutnya,  air terjun Jelitung merupakan obyek wisata yang masih belum dikelola pada saat ini. Ke depan, akan dikelola oleh desa, sehingga dapat menambah keuntungan dan kas desa.

“Saat ini, kami sudah tahap perizinan dengan instansi terkait,  dan mudahan beberapa bulan kedepan sudah berjalan, “kata Nuripansyah.(jejakrekam)

Penulis Syarbani
Editor Didi GS

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.