Ikuti Literasi Media, Pemuda Lintas Iman Tangkal Hoaks

0

LEMBAGA Kajian Keislaman dan Kemasyarakatan (LK3) Banjarmasin menggelar workshop literasi media pada 14-15 Desember 2019. Workshop bertema ‘One Click And You’ll Get What You Need’ itu digelar di Hotel Victoria Banjarmasin.

SEBANYAK 31 pemuda-pemudi lintas iman se-Kota Banjarmasin mengikuti kegiatan itu.

“Anak muda adalah tonggak masa depan bangsa. Dengan menggunakan media sosial untuk menebarkan pesan-pesan damai dan melawan narasi-narasi kebencian yang sangat massif diproduksi. Diharapkan anak muda di Banjarmasin khususnya, dapat menjadi agen perdamaian  dan menjadikan Banjarmasin sebagai kota yang rukun,” Direktur LK3 Banjarmasin Rafiqah.

Pada hari pertama, peserta diberikan pemahaman mengenai pluralisme agama yang melahirkan pluralisme kewargaan. Darius Dubut, dosen teologi yang juga aktivis perdamaian menjadi pembicara.

Menurut dia, seringnya konflik antar agama yang terjadi merupakan konflik dalam dimensi simbol-simbol agama. “Padahal setiap agama memiliki simbol masing-masing. Bahayanya ketika simbol-simbol kemudian digeneralisasi,” ujarnya. 

BACA : Fesmed Mengupas Hoaks, Stan AJI Balikpapan Diminati Pengunjung Milenial

Tidak hanya mendapat materi mengenai pluralisme, peserta kegiatan juga diberikan materi  analisa media dan pelatihan jurnalistik. Budi Kurniawan yang juga fasilitator kegiatan workshop menjadi pembicara mengenai jurnalistik ini. “Penting bagi teman-teman untuk tidak percaya hanya pada satu sumber berita,” ujar Budi.

Setelah mendapatkan pengetahuan mengenai analisa media dan penulisan jurnalistik, peserta diminta mempraktikkannya dengan melakukan liputan langsung untuk kemudian dijadikan bentuk tulisan jurnalistik dengan tema yang telah ditentukan fasilitator.

“Keseharian teman-teman mungkin ada yang pernah mengalami perundungan, melihat  praktik-praktik intoleransi, atau kegiatan keseharian teman-teman menjaga keberagaman di  lingkungan sekitar. Hal itu akan menarik kalau teman-teman tuliskan,” ujar Budi.

BACA JUGA : Netralisir Hoaks, Divisi Humas Polri Gelar Workshop di Banjarmasin

Hasil tulisan peserta kemudian dianalisis bersama dan diberikan catatan-catatan agar peserta dapat memahami dan meningkatkan kemampuan menulisnya.

Workshop Literasi Media berakhir pada Minggu (15/12/2019) malam. Kegiatan ditutup Direktur  LK3 Banjarmasin. Peserta berkomitmen untuk menjaga komunikasi satu sama lain dan  mengadakan diskusi bulanan.(jejakrekam)

Penulis Siti Nurdianti
Editor Didi GS

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.