Husairi Abdi

Dua Unit Bus Tayo Dioperasikan Layani Penumpang Bandara Syamsudin Noor

0

TAK menghitung lama, usai dibantu Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub), lima unit bus rapid transit (BRT) atau bus tayo langsung mengaspal.

RUTE perjalanan di koridor II Martapura-Liang Anggang dan Jalan Trikora, Banjarbaru pun akan segera dilintas bus tayo. Namun, hingga kini masih dalam tahap uji coba dan simulasi, termasuk pelayanan ke kawasan Bandara Internasional Syamsudin Noor Banjarmasin di Banjarbaru.

PTTK Tim Teknis Bus Tayo Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Kalsel, Wahyudi mengungkapkan saat ini ada dua unit bus tayo yang dioperasionalkan untuk melayani para calon penumpang dari ke Bandara Internasional Syamsudin Noor.

“Saat ini tengah dilakukan simulasi yang akan berlangsung selama lima hari untuk pelayanan transportasi ke Bandara Syamsudin Noor Banjarbaru,” ucap Wahyudi kepada jejakrekam.com, Rabu (11/12/2019).

BACA : Bus Tayo Diminati, Kemenhub Tambah Lima Unit untuk Koridor Martapura-Liang Anggang

Dengan simulasi itu, Wahyudi berharap masyarakat pengguna jasa penerbangan di Bandara Syamsudin Noor bisa mengetahui. Termasuk, para sopir bisa mengetahui berapa jam untuk mengangkut penumpang sampai ke kawasan Bandara Syamsudin Noor.

“Jadi, para sopir bisa mengatur waktu dengan jadwal pemberangkatan pesawat terbang di Bandara Syamsudin Noor. Jadi, para penumpang tidak terburu-buru, apalagi sekarang Bandara Syamsudin Noor sudah berstandar bandara internasional,” tutur Wahyudi.

Ia menjelaskan bagi para calon penumpang yang ingin menikmati jasa transportasi bus tayo bisa datang ke kawasan Terminal Gambut Barakat atau Terminal Tipe A Km 17 Gambut.

“Saat ini masih dalam simulasi, jadi belum bisa ditentukan berapa tarif untuk penumpang dari Bandara Syamsudin Noor ke Terminal Km 17 atau sebaliknya. Dari hasil simulasi, baru diketahui berapa durasi perjalanan serta tarif yang bisa ditentukan untuk dibayar para penumpang,” kata Wahyudi.

Sedangkan untuk tiga unit bus tayo yang melayani koridor II Martapura, Liang Anggang dan Jalan Trikora Komplek Perkantoran Pemprov Kalsel masih dalam kajian tim teknis di lapangan.

BACA JUGA : Tarif Bus Tayo Rp 5 Ribu, Ada 37 Halte di Rute Banjarmasin-Banjarbaru

“Bisa saja, tiga unit bus tayo yang tersisa itu digunakan untuk menopang kekuatan armada koridor I yang ada. Apalagi, animo masyarakat untuk memanfaatkan jasa transportasi bus tayo justru makin meningkat tajam,” tutur Wahyudi.

Ia menyebut saban hari, jumlah penumpang terus meningkat tajam hingga mencapai 400 hingga 500 orang dari lima unit bus tayo yang dioperasionalkan pada koridor I Banjarmasin-Banjarbaru atau sebaliknya.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Didi GS

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.