Pawai Klotok Hias di Sungai Kapuas Meriahkan HUT Kecamatan Tabukan

0

PERAIRAN Sungai Kapuas di Kecamatan Tabukan, Kabupaten Barito Kuala (Batola) dipenuhi klotok hias. Ada 11 desa mengutus perwakilan untuk memeriahkan hari ulang tahun (HUT) ke-39 Kecamatan Sungai Tabukan dengan pawi klotok hias.

ADA puluhan klotok yang dipasang pernak-pernik disetir para motoris bergaya di depan Camat Tabukan Abdi Maulana dan undangan serta ratusan pasang mata menyaksikan karnaval moda transportasi sungai itu di dermaga desa.

Berbagai hiasan dipoles ke badan klotok dan atap. Ornamen yang dipasang berdasar ciri khas desa peserta lomba. Mulai dari hiasan sayur mayur, hiasan buaya, hiasan alat tangkap tradisional hingga hiasan yang berisi imbauan kepada masyarakat untuk tidak melakukan pembakaran lahan.

BACA : Eks Bupati Batola : Kabut Asap Bukan Hanya Dipicu Pembukaan Kebun Sawit

Camat Tabukan, Abdi Maulana pun tampak tersenyum usai melepas karnaval klotok hias di aliran Sungai Kapuas tersebut.

“Ini even pertama kali kami gelar sebagai wujud syukur memperingati hari jadi kecamatan ke-39 tahun. Walau berlangsung sederhana, namun antusiasme masyarakat sangat terlihat di lokasi,” kata Camat Tabukan, Abdi Maulana kepada awak media.

Menurut dia, walau Kecamatan Tabukan terdiri dari 13 desa merupakan wilayah paling ujung dari Kabupaten Batola, karena berbatasan langsung dengan Kapuas Kapuas, Provinsi Kalimantan Tengah, namun peringatan ultah ini bisa menghibur masyarakat setempat.

“Kami ingin menunjukkan kepada dunia luar bahwa Kecamatan Tabukan memiliki potensi yang tak kalah dengan daerah lain. Pesan moralnya adalah dengan anugerah sungai yang besar, masyarakat bisa menjaganya dengan tak membuang sampah ke sungai,” papar Abdi Maulana.

BACA JUGA : Cegah Illegal Fishing, Satpolairud Polres Batola Suluh Nelayan di Sungai Barito

Dengan tingginya minat para peserta serta antusiasme warga desa menyaksikan, Camat Tabukan mengungkapkan jika Bupati Batola Hj Noormiliyani AS akan menetapkan acara pawai klotok hias di Sungai Kapuas menjadi even tahunan.

“Jadi, tahun-tahun ke depan akan digelar karvanal klotok hias untuk menunjukkan potensi yang ada di Kecamatan Tabukan,” imbuhnya.(jejakrekam)

Penulis Balsyi
Editor Didi GS

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.