Pertamina Gelar Simulasi Keadaan Darurat di TBBM Kotabaru

0

DALAM upaya meningkatkan kesiagaan dan kesigapan dalam menangani keadaan darurat, PT Pertamina khususnya di Direktorat Pemasaran melakukan kegiatan simulasi yang sesuai dengan pedoman keadaan darurat.

PERTAMINA Marketing Operation Region VI Kalimantan mengadakan simulasi keadaan darurat di Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) Kotabaru, Kalimantan Selatan.

Heppy Wulansari, Region Manager Communication & CSR Kalimantan mengatakan, simulasi ini dilakukan setiap setahun sekali. Dengan skenario kebakaran tangki, ceceran minyak yang berimplikasi pada kejadian huru-hara. Simulasi OKD level 1 ini melibatkan tim Penanggulangan Keadaan Darurat (TPKD) TBBM Kota Baru dan emergency management tim MOR VI Kalimantan.

“Selama satu tahun terakhir tidak ada kejadian terkait dengan safety di lingkungan Pertamina MOR VI terkhusus di Kota Baru, namun hal ini baik dilakukan guna meningkatkan kesiagaan kita terhadap keadaan darurat,” ungkapnya, Rabu (21/8/2019).

BACA : Konsumsi Meningkat, Pertamina Tambah Stok LPG 3 Kg

Dalam hal ini, Pertamina sudah berkoordinasi dengan pihak eksternal terkait kegiatan simulasi keadaan darurat. Tidak hanya internal, tentunya Pertamina melibatkan tim bantuan keadaan darurat dari pihak eksternal yaitu pemadam kebakaran, SAR, Komando Distrik Militer, dan juga rumah sakit terdekat.

“Kami semua sudah berkoordinasi kepada pihak terkait untuk menjaga situasi agar tidak terjadi kejadian yang tidak diinginkan,” tegasnya.

BACA JUGA : Dukung UMKM Banua, Pertamina dan FWE Kalsel Gelar Sosialisasi Program Kemitraan

Pihaknya mengimbau kepada warga sekitar TBBM tidak perlu khawatir dan panik atas simulasi ini dan kegiatan simulasi lebih kurang memakan waktu satu jam. Simulasi keadaan darurat berjalan lancar.

“Kami berharap tidak ada insiden terjadi , namun jika memang kami harus menghadapi keadaan darurat, kami sangat optimis bisa tertangani dengan baik,” pungkas Heppy.(jejakrekam)

Penulis Akhmad Faisal
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.