Pastikan Harga dan Stok Bahan Pokok Aman, Dinas Perdagangan Gelar Rakor

0

DALAM upaya mengantisipasi ketersediaan bahan pokok dan terjadinya lonjakan harga saat menjelang Ramadhan dan Idul Fitri, Dinas Perdagangan (Disdag) Provinsi Kalimantan Selatan terus lakukan pemantauan harga dan ketersediaan bahan pokok di Banua.

DINAS Perdagangan Kalsel bersama beberapa instansi terkait menggelar kegiatan Rapat Koordinasi ketersediaan bahan pokok menghadapi Ramadhan dan Idul Fitri 1440 H, Selasa ( 26/3/2019), di Ruang Banyan Tree Room, Hotel Royal Jelita, Jalan Ayani Km.5 Banjarmasin.

BACA: Dibandrol Rp 80 Ribu, Penjualan Daging Beku Jaga Kestabilan Harga di Pasaran

“Rapat koordinasi ini bertujuan untuk memastikan ketersediaan bahan pokok jelang Ramadhan dan Idul Fitri 1440 H, Agar ketersediaannya tetap aman dan tercukupi sehingga bisa dapat mengendalikan harga di pasar,” jelas Kepala Dinas Perdagangan H Birhasani.

Rapat tak hanya membahas soal ketersediaan bahan pangan. Tetapi juga membahas bagaimana pengendalian harga sembako yang diperkirakan akan mengalami kenaikan menjelang bulan puasa dan hari raya di Kalsel.

“Agar hal itu bisa terwujud, maka kami akan melakukan berbagai upaya langkah, seperti misalnya melaksanakan operasi pasar, mengadakan pasar murah, serta terus berkoordinasi dengan Badan badan usaha negara maupun Dinas Pemerintah yang terkait, untuk selalu memantau ketersediaan, pendistribusian tetap aman dan lancar,” tambahnya.

BACA JUGA: Cegah Lonjakan Harga, BI Sosialisasikan Daging Beku

Disdag berharap kepada pemerintah, Dinas terkait, maupun para pelaku usaha yang turut hadir pada Rapat Koordinasi bisa saling membantu dan bersinergi untuk kesiapannya menyediakan stok bahan pokok bagi masyarakat agar tidak terjadi lonjakan harga maupun kelangkaan nantinya.

“Oleh sebab itu kami menghimbau kepada para pelaku usaha sejak sekarang agar dapat menyiapkan, memperbanyak ketersediaan stoknya sehingga bisa diantisipasi ketersediaannya dan bagi produsen sedini mungkin bisa dapat memperbanyak hasil produksinya,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Akhmad Faisal
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.