Amuntai Dinilai Bersih, Bupati HSU Terima Sertifikat Adipura

0

BUPATI Hulu Sungai Utara (HSU) H Abdul Wahih HK masuk dalam deretan kepala daerah dan pimpinan DPRD yang menerima anugerah Adipura dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Anugerah Adipura dan Green Leadership diserahkan langsung Wakil Presiden Jusuf Kalla di Auditorium Dr Soejarwo, Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta, Senin, (14/1/2019).

BAGI Kabupaten HSU khususnya Kota Amuntai dinilai mampu meningkatkan kinerja dalam mengelola, menjaga dan memelihara lingkungan yang sehat, bersih dan indah serta dalam pengelolaan dan penanganan sampah.

Menyabet sertifikat Adipura tahun 2017-2018, Bupati HSU Abdul Wahid mengaku bersyukur karena semua bisa tercapai berkat komitmen, kerja keras dan cerdas dari semua elemen di daerah.

BACA :  Bupati Banjar Diundang Menteri LHK, Martapura 7 Kali Terima Adipura

“Terutama, bukti nyata kerja keras dan kerjasama masyarakat HSU yang memiliki kesadaran untuk menjaga dan memilihara lingkungan hidup. Semoga sertifikat Adipura ini semakin menambah semangat kita bersama untuk meningkatkan kualitas lingkungan hidup di HSU,” cetus Ketua DPD Partai Golkar HSU ini.

Secara khusus, Bupati Wahid menyebut penghargaan ini dipersembahkan bagi petugas kebersihan yang sudah melakukan tugas dan tanggungjawabnya dalam menjaga dan memelihara kebersihan di daerah, utamanya di Kota Amuntai.

Ke depan, Wahid berharap masing-masing warga HSU memiliki kesadaran untuk menjaga dan memelihara lingkungan. Minimal di lingkungan sekitar, tempat tinggal dan tempat kerjanya.

Sementara itu, Wapres Jusuf  Kalla memberi penghargaan sertifikat Adipura kepada para gubernur, bupati dan walikota se-Indonesia. Terutama, mereka yang mampu  meningkatkan kinerja dalam pengelolaan lingkungan, termasuk dalam pengurangan sampah yakni 30 persen dan 70 persen penanganannya serta menerapkan kepemimpinan berwawasan hijau.

“Memperbaiki pengelolaan lingkungan untuk kemajuan bangsa tidak bisa dilakukan sendiri sendiri, harus ada kerjasama yang baik pemerintah dengan masyarakat dan stakeholder,” ucapnya.

BACA JUGA :  Kalau Adipura Kencana, Walikota Ibnu : Kita Arak di Darat dan Sungai

Wapres mengingatkan boleh saja bangga dengan prestasi tersebut, namun jangan cepat puas sampai di situ, justru harus lebih berusaha lagi untuk memperbaiki kualitas lingkungan.

“Warga masyarakat juaga harus sadar terhadap kebersihan lingkungan. Ini hal penting yang harus terus dilakukan dengan memberikam contoh dan stimulan bagi masyarakat,” katanya.

Wapres Jusuf Kalla mencontohkan dengan menjaga kebersihan di lingkungannya masing-masing. Sebab, menurut dia, kebersihan akan membuat orang yang membuang sampah di tempat yang bersih.

“Perilaku membuang sampah sembarangan akan merasa bersalah. Tempat yang kotor akan memudahkan orang membuang sampah di tempat tersebut, karena sudah kotor,” imbuhnya.(jejakrekam)

Penulis Muha
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.