Liburan di Pantai, Kapolda Kalsel Imbau Waspada Gelombang Tinggi Laut

0

MASA liburan panjang Natal dan Tahun Baru 2019, lazimnya destinasi wisata di Kalimantan Selatan akan dipadati warga. Namun, kebanyakan warga biasanya mengunjungi pantai yang tersebar di Kabupaten Tanah Laut, Tanah Bumbu dan Kotabaru.

BEBERAPA lokasi pantai yang jadi tempat konsentrasi massa mulai bersolek. Pantai-pantai yang cukup jauh jaraknya dari Banjarmasin, ibukota Provinsi Kalimantan Selatan, hampir bisa dipastikan dipenuhi pengunjung.

Pantai yang menjadi tujuan wisatawan lokal Kalsel, khususnya warga Banjarmasin dan sekitarnya seperti  Pantai Batakan, Pantai Takisung, Pantai Pagatan, Pantai

Swarangan-Jorong, Pantai Asmara, Pantai Turki, Pantai Sungai Cuka, Pantai Angsana, Pantai Teluk Tamiang, Pantai Tanjung Ketapang, Pantai Gedambaan (Sarang Tiung) dan Pantai Teluk Gosong.

Pantai-pantai eksotik khas bibir daratan Kalimantan berhadapan dengan Laut Jawa. Namun, dengan insiden tsunami dan gelombang pasang yang mendera Pandeglang, Serang dan Lampung Selatan, akibat erupsi Anak Gunung Krakatau pada Sabtu (22/12/2018), membuat air bergelombang gabungan gelombang pasar dan tsunami menerjang beberapa kawasan yang berada di bibir pantai.

BACA : Tsunami Terjang Pandeglang, Serang, dan Lampung Selatan

Kapolda Kalsel Irjen Pol Yazid Fanani pun mengimbau agar warga yang mengisi libur panjang untuk menikmati panorama pantai yang ada di Kalsel, khususnya di Kabupaten Tanah Laut, Tanah Bumbu dan Kotabaru untuk tetap waspada.

“Saya minta agar warga yang ingin berpergian dan berpariwisata ke pantai, agar berhati- hati dan selalu waspada. Ini mengingat saat ini daerah lain terjadi gelombang besar, kita harus antisipasi hal itu,” kata Yazid Fanani kepada wartawan, usai memantau pos pengamanan Natal dan Tahun Baru 2019 yang ada di Banjarmasin, Senin (24/12/2018).

Menurut Yazid, kewaspadaan patut dijaga, agar musibah yang tak diinginkan tak terjadi di Kalsel. “Kita berdoa jangan sampai musibah gelombang pasang itu terjadi di tempat kita,” pungkasnya.(jejakrekam)

 

Penulis Asyikin
Editor Didi GS

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.