Kandang Ayam Diduga Penyebab Banyak Lalat di Desa Lingsir

0

BEBERAPA waktu terakhir, warga Desa Lingsir, Kecamatan Paringin Selatan, Balangan, mengeluhkan banyaknya lalat yang masuk ke permukiman mereka.

WARGA Desa Lingsir Riduan mengatakan, banyaknya lalat sangat tidak nyaman. “Semenjak ada peternakan ayam potong banyak lalat. Kami harus membakar dan semprot obat anti serangga agar lalat berkurang. Tapi, lalatnya masih saja ada,” ujar Riduan, Rabu (13/12/2018).

Keluhan serupa juga diungkapkan Sandri. Ia mengaku khawatir banyaknya lalat, sebab merupakan hewan yang membawa berbagai penyakit.

“Di setiap ruangan, baik di dapur, ruang tengah, meja makan, kamar tidur, teras, sampai di ruang tamu. Saya jengkel dan merasa malu kalau ada warga yang minum atau belanja di warung, sebab jualan kami banyak lalatnya,” ujar Sandri yang mempunyai warung minum ini.

Dinas Kesehatan Kabupaten Balangan melalui Kepala Seksi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular, Hasmi mengaku sudah menerima laporan terkait banyaknya lalat itu.

Pihaknya akan segera menindaklanjuti hal tersebut, dengan langsung turun ke lapangan guna melihat kondisinya serta melakukan pengamatan secara langsung.

“Jika benar penyebab banyaknya populasi lalat di desa Lingsir akibat keberadaan kandang ayam, kami akan berkoordinasi dengan dinas pertanian yang membawahi bidang peternakan,’’ ungkapnya.

Tidak jauh dari pemukiman warga, terdapat kandang ayam pedaging yang sudah beroperaai setahun terakhi.(jejakrekam)

Pencarian populer:https://jejakrekam com/2018/12/13/kandang-ayam-diduga-penyebab-banyak-lalat-di-desa-lingsir/,penyebab kandang ayam banyak lalat
Penulis Gian
Editor Andi Oktaviani

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.