Tangkap Potensi Kalsel, ULM Didorong Unggul di Bidang Lahan Basah

0

MOMENTUM enam dekade yang telah dilalui Universitas Lambung Mangkurat (ULM), keunggulan kampus perjuangan ini terus digenjot. Sebagai perguruan tinggi tertua di Pulau Kalimantan, ULM yang dulunya berakronim Unlam ingin menjadi universitas terkemuka dan berdaya saing di bidang lingkungan lahan basah.

FAKTANYA, kampus ULM yang berpusat di Jalan Brigjen H Hasan Basry, Banjarmasin, berdiri di atas lahan basah. Bahkan, ruang terbuka (open space) ULM atau Unlam Park berdiri di atas lahan rawa di Kelurahan Pangeran, Banjarmasin Utara.

Tak mengherankan, jika Rektor ULM Prof Dr Sutarto kembali mengingatkan bahwa kampus biru ini harus unggul, terkemuka dan berdaya saing di bidang lingkungan lahan basah yang menjadi visinya.

“Keunggulan di bidang lingkungan lahan basah adalah sangat tepat. Ini mengingat wilayah Kalimantan Selatan yang sebagian besar merupakan dataran rendah yang tergenang pada musim hujan karena luapan air sungai. Potensi keunggulan wilayah lahan basah ini menjadi kewajiban kita untuk menggali dan mengembangkannya,” ucap Sutarto Hadi.

Menurut dia, ULM  harus berada pada garda terdepan dalam melestarikan dan mengembangkan lingkungan lahan basah. “Tentu saja, upaya untuk menjadikan ULM universitas terkemuka dan berdaya saing di bidang lingkungan lahan basah yang pastinya tidak bisa dicapai seperti membalik telapak tangan. Harus ada langkah-langkah yang ditempuh,” papar doktor pendidikan matematika jebolan Universiteit Twente Belanda.

Sutarto memastikan ULM akan terus berbenah dengan berbagai program yang mendorong penguatan kelembagaan menjadi perguruan tinggi yang terkemuka dan berdaya saing. Ini demi menyongsong persaingan nasional dan global yang semakin kompetitif.

“Semangat untuk menjadikan ULM universitas kebanggaan masyarakat menjalar ke seluruh sendi kehidupan kampus. Mahasiswa, dosen, tenaga kependidikan dan seluruh elemen pendukung bahu membahu membangun ULM” ucapnya dengan nada bangga.

Bahkan, Sutarto mengaku terharu dengan kesungguhan sivitas akademika bekerja demi almamater. Hal ini bertujuan semata-mata ingin menjadikan ULM perguruan tinggi kebanggaan yang sejajar dengan perguruan tinggi lain di Indonesia.(jejakrekam)

 

Penulis Ahmad Husaini
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.