Mayoritas Bermukim di DAS Barito, KKB Siap Berikan Pemikiran Terbaik

0

KERUKUNAN Keluarga Bakumpai (KKB) adalah organisasi primordialisme suku Bakumpai yang tersebar di Provinsi Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah serta Kalimantan Timur.

UNTUK kantor pusat KKB berada di Kota Banjarmasin. Sedangkan, cabang-cabangnya menyebar di Kabupaten Barito Kuala (Kalimantan Selatan), Kabupaten Murung Raya, Barito Selatan, Barito Timur, Barito Utara, Kapuas, Katingan, Kotawaringin Timur, Kota Palangka Raya (Kalimantan Tengah), dan Kabupaten Kutai Barat, Kalimantan Timur.

KKB  telah menggelar Musyawarah Nasional (Munas) III Tahun 2018 di Hotel Aria Barito, Banjarmasin Jumat (7/9/2018). Secara aklamasi, H Yuni Abdi Nur Sulaiman terpilih sebagai Ketua Umum KKB Pusat.

Sedangkan, untuk kepengurusan KKB Kabupaten Barito Utara, H Nadalsyah yang juga Bupati Barito Utara terpilih sebagai Dewan Penasihat. Sebagai Ketua KKB Barito Utara H Arbaidi, Sekretaris, H Malik Muliawan, dan Bendahara Andi Kasmita.

Bupati Barito Utara H Nadalsyah mengucapkan selamat atas terpilihnya kembali H Yuni Abdi Nur Sulaiman sebagai Ketua Umum KKB Pusat. Dia berharap KKB dapat turut serta memajukan Indonesia, terutama dalam hal kebudayaan yang menjadikan kebanggaan semua.

Bupati yang akrab dipanggil H Koyem ini juga menyampaikan bahwa KKB Barito Utara siap bersilaturahmi dan bertukar pikiran. Tujuannya, agar  bisa bersama memberikan yang terbaik dalam memajukan masyarakat, khususnya warga Bakumpai.

“Apalagi mayoritas masyarakat keturunan Bakumpai hingga saat mendiami aliran Sungai Barito. Ya, dari Barito Kuala (Batola) hingga Kabupaten Murung Raya. Dengan bersilaturahmi dan saling tukar pikiran,  maka ini lebih baik guna pembangunan yang akan datang,” papar Koyem.

Menurut dia, warga keturunan Bakumpai tersebar di seluruh Kalimantan bahkan juga di daerah luar Pulau Kalimantan. Koyem mengatakan dengan adanya KKB,  maka dapat menjalin hubungan yang baik untuk kebersamaan sesama anak bangsa.(jejakrekam) 

 

Penulis Syarbani
Editor DidI GS

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.