Latih Ahli Pemberdayaan Masyarakat, Dorong Desa Lebih Berinovasi di Kalsel

0

KEMENTERIAN Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi RI menggelar pelatihan peningkatan kapasitas tenaga ahli pemberdayaan masyarakat kabupaten dalam Program Inovasi Desa (PID) di Hotel Pyramid, Banjarmasin, Kamis (16/8/2018).

PROGRAM Inovasi Desa (PID) merupakan salah satu upaya pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa melalui peningkatan kapasitas desa, dalam mengembangkan rencana dan pelaksanaan pembangunan desa secara berkualitas

Johan Arifin selaku Koordinator PID Provinsi Kalsel menuturkan dalam pelatihan program inovasi desa diharapkan mampu meningkatkan pemahaman fungsi tenaga ahli pemberdayaan masyarakat  (TAPM) yang ada di kabupaten.

“Terutama mengenai konsep dan tata kelola PID dan kebijakan pendampingan pelaksanan PID. Tujuannya, agar mereka mampu meningkatkan kemampuan teknis fasiltasi kegiatan pendampingan PID khususnya terkait pengetahuan dan pengelolaan inovasi desa,” bebernya.

Johan menuturkan program pelatihan ini dalam rangka menjalankan amanah UU Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa dan Permendagri Nomor 114 Tahun 2014 tentang Pedoman Perencanaan Pembangunan Desa.

“Tahun lalu, kami menggelar bursa inovasi desa serentak di seluruh kecamatan di Provinsi Kalimantan Selatan. Sedangkan, pelaksanaannya akan diserahkan dalam rencana pembangunan desa (RKP)” ucapnya.

Menurut Johan, PID akan mengeksekusi ide-ide positif dari perangkat dan masyarakat desa untuk kemajuan desa itu sendiri. “PID menekankan tiga aspek kewirausahaan, infrastruktur dan peningkatan sumber daya manusia (SDM),” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Ahmad Husani
Editor Didi GS

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.