Lestarikan Budaya Banjar, 14 Grup Sinoman Hadrah Adu Kemahiran

0

DINAS Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banjar menggelar lomba sinoman hadrah dan diikuti 14 grup.  Lomba ini dihelat untuk memeriahkan Hari Jadi Kabupaten Banjar ke-68 dan HUT Proklamasi Kemerdekaan Indonesia ke-73, serta upaya melestarikan budaya khas masyarakat Banjar.

RATUSAN penonton dan pendukung grup sinoman hadrah memadati halaman Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banjar di Martapura, Kamis (2/7/2018).

Sebanyak 14 grup mengikuti lomba ini dan memperebutkan sejumlah hadiah dan uang pembinaan dari panitia kegiatan lomba.

Ketua Panitia Lomba Sinoman Hadrah, Yuana Karta Abidin mengatakan, lomba sinoman hadrah digelar untuk memeriahkan Hari Jadi Kabupaten Banjar ke-68 dan HUT Proklamasi Kemerdekan Indonesia ke-73. “Lomba ini sekaligus juga bagian dari upaya Pemerintah Kabupaten Banjar melesatarikan budaya khas masyarakat Banjar,” ujar Yuana Karta Abidin.

Terpisah, Humaidi Saleh yang menjadi salah satu juri lomba ini mengatakan, ada beberapa materi yang menjadi penilaian juri, di antaranya syair, musik, kerapian gerakan dan juga kustom para seniman yang diturunkan.

“Ini adalah budaya khas masyarakat Banjar yang sudah ada sejak zaman Kesultanan Banjar dan terus bertahan, hingga sekarang. Namun, upaya untuk melestarikannya harus dilakukan seperti yang dilakukan Pemkab Banjar ini,”pungkas Humaidi Saleh.(jejakrekam)

Penulis Syahminan
Editor Didi GS

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.