Pantau TPS 01 Kupang, Paman Birin dan Danrem 101/Antasari Gembira Lihat Antusiasme Pemilih

0

PERHELATAN pesta demokrasi rakyat di empat kabupaten yang ada di Kalimantan Selatan, terpantau cukup kondusif. Hal ini terlihat dari hasil pantauan Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor dan Danrem 101/Antasari Kolonel Inf Yudianto Putrajaya bersama jajaran lainnya di Kota Rantau, Kabupaten Tapin, Rabu (27/6/2018).

MESKI Pilkada Tapin hanya diikuti calon tunggal yang juga petahana, Arifin Arpan-Syafrudin Noor melawan kotak kosong, tapi antusiasme pemilih cukup menggeliat. Di tempat pemungutan suara (TPS) 1 Kelurahan Kupang, Kecamatan Tapin Utara, Paman Birin (sapaan akrab Gubernur Kalsel), Danrem 101/Antasari Kolonel Inf Yudianto Putrajaya, Danlanal Banjarmasin Kolonel Laut (P) Wijayanto, didampingi Penjabat Bupati Tapin H Gusti Syahyar dan Ketua KPU Tapin, Heny Hendriyani serta pihak terkait lainnya.

Usai dari Kabupaten Tapin, rombongan bertolak menuju Kandangan, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) dan Tanjung, Kabupaten Tabalong yang menghelat suksesi 2018.

Saat berada di TPS 01 Kupang, Paman Birin berharap agar angka partisipasi pemilih di Tapin bisa meningkat tajam dibandingkan pilkada sebelumnya. “Ada sekitar 200 pemilih yang menggunakan hak suaranya. Ini berarti, sudah 50 persen yang mengugnakan hak pilihnya. Saya berharap hal serupa juga terjadi di HSS dan Tabalong,” ucap Paman Birin.

Sementara itu, Danrem 101/Antasari Kolonel Inf Yudianto Putrajaya mengapresiasi pengamanan pesta demokrasi dari aparat gabungan Polri dan TNI, hingga tercipta suasana kondusif, aman dan lancar.
“Saya tegaskan kembali agar jajaran TNI bekerja untuk rakyat dan tetap menjaga kenetralitasannya. Para prajurit wajib menyukseskan pilkada serentak ini,” tegas Putra.

Ia menegaskan jika ada temuan pelanggaran yang dilakukan oknum TNI di lapangan dan terbukti tak netral, bisa lagnsung dilaporkan ke institusi militer yang ada. “Jika prajurit terbukti tak netral, segera laporkan. Pasti akan kami proses. Sebab, prajurit TNI itu tugasnya membantu dan memelihara stabilitasi keamanan dan ketertiban masyarakat, terutama dalam masa pilkada ini,” ucap Putra.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.