9 Kecamatan di Barut Mendapat Bantuan Tanaman Jagung

0

PENGEMBANGAN tanaman jagung wilayah Kabupaten Barito Utara Tahun 2018 terus diperluas. Dimana tanaman yang akan dikembangkan kurang lebih 15.950 hektar. 

KEPALA Dinas Pertanian Kabupaten Barito Utara, Ir Setia Budi mengatakan, luasan itu akan ditanam pada sembilan kecamatan yang akan diberikan bibit jagung.

Menurutnya dari 15.950 hektar tersebut, 15.950 hektar adalah rencana pembukaan lahan.  Sedangkan 5.800 adalah tanaman reguler. Namun dari kouta yang disediakan tersebut,  masih ada usulan masyarakat melalui proposal kurang lebih 2.000 hektar.

Hanya saja, kata dia, kendala yang dihadapi adalah pembuatan jalan usaha tani, dimana setiap ladang petani atau kelompok harus ada jalan tersebut, hal ini tidak lain guna memudahkan akses petani untuk ke ladang.

Setia Budi juga menjelaskan, untuk pembuatan jalan usaha tani memerlukan alat berat. Sedangkan alat tersebut masih terbatas,  sementara bantuan alat oleh provinsi masih belum dibagi.  “Kendala kita adalah alat bantuan masih belum dibagi oleh provinsi.  Padahal sudah tiga bulan lamanya alat di Palangkaraya, “kata Setia Budi.

Setia Budi juga berharap dengan dibaginya alat tersebut bisa secepatnya dipergunakan sesuai dengan fungsinya,  dan ini memudahkan proses pembukaan lahan dan pembuatan jalan usaha tani.

Menurutnya, untuk saat sekarang memang tanaman jagung di wilayah Kabupaten Barito Utara, terus dikembangkan juga areal diperluas sesuai dengan harapan masyarakat,  dimana program tanaman jagung komoditi kedua setelah tanaman padi.

“Dengan areal tanaman jagung semakin luas, maka perekonomian masyarakat juga diharapkan lebih meningkat, “pungkasnya.(jejakrekam)

 

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.