H Muhidin Minta Kampung Kuin Dapat Perhatian Khusus

0

ANGKA kunjungan wisatawan ke kawasan kampung bersejarah Banjar, yakni Kelurahan Kuin Utara yang sedikitnya terdapat dua situs bersejarah yakni Kompleks Makam Sultan Suriansyah dan para bangsawan Kesultanan Banjar dan Masjid Sultan Suriansyah, kian meningkat. Untuk itu, sudah sepatutnya mendapat perhatian serius dari Pemkot Banjarmasin. Apalagi, saban tahun, tradisi tahunan seperti Ba’ayun Maulid dihelat di kampung tua dan cikal-bakal ibukota Provinsi Kalimantan Selatan.

MANTAN Walikota Banjarmasin H Muhidin berharap bukan hanya dermaga di depan Kompleks Makam Sultan Suriansyah yang dibenahi, dermaga yang terdapat di tepian Sungai Kuin, khususnya kawasan Masjid Sultan Suriansyah sepatutnya mendapat perhatian Balai Kota.

“Coba lihat, betapa tingginya antusiasme masyarakat Banjarmasin dan kota-kota lain yang datang ke Kampung Kuin untuk berziarah ke Makam Sultan Suriansyah dan shalat atau mengunjungi Masjid Sultan Suriansyah. Termasuk, dalam tradisi Ba’ayun Maulid pun, jumlah pesertanya mencapai 1.070 orang yang ikut,” beber H Muhidin kepada wartawan, Minggu (10/12/2017).

Untuk itu, Ketua DPW PAN Kalimantan Selatan ini mengingatkan agar infrastruktur pendukung pariwisata sejarah dan budaya di Kelurahan Kuin Utara sudah sepatutnya menjadi perhatian Pemkot Banjarmasin. Ini mengingat, menurut Muhidin, sudah terlihat ada beberapa fasilitas yang belum mendukung kegiatan wisata Banjarmasin belum tersentuh pembangunan.

Adanya cagar budaya Banjar berikut fasilitas lainnya yang terdapat di Kelurahan Kuin Utara, Kecamatan Banjarmasin Utara dipastikan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Banjarmasin, Ikhsan Alhak akan terus dibenahi. Termasuk, festival atau budaya yang menjadi even tahunan bisa dilestarikan.

“Untuk di Banjarmasin, memang banyak situs atau cagar budaya terdapat di Kelurahan Kuin Utara. Makanya, kami memperhatikan infrastrukturnya bersama instansi terkait. Kita berharap tradisi yang ada ini bisa terus terjaga, dan bisa menjadi daya tarik bagi turis mancanegara untuk datang ke Banjarmasin,” beber Ikhsan.(jejakrekam)

Penulis : Sirajuddin

Editor   : Didi G Sanusi

Foto      : Didi GS

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.