Sungai Balangan Meluap, Sejumlah Desa Dikepung Banjir

0

MELUAPNYA Sungai Balangan dengan tingginya curah hujan, ditambah lagi banjir bandang dari arah pegunungan, membuat sejumlah desa di Kabupaten Balangan, terendam. Ada beberapa desa yang terdampak cukup parah dan tergenang beberapa hari baik di Kecamatan Juai dan Kecamatan Halong, di antaranya ada empat desa yakni Desa Binju, Desa Juai, Desa Baruh Panyambaran, dan Desa Galumbang.

DURASI hujan yang cukup panjang dan lebat sejak Minggu (12/11/2017), Senin (13/11/2017) hingga Selaa (14/11/2017), mengakibatkan sejumlah desa terendam dengan ketinggian air mencapai 50-100 centimeter. Termasuk, air bah yang berasal dari luapan Sungai Balangan turut merendam sawah, jalan kampung hingga fasilitas umum.

Titik terparah banjir ini terdapat di Desa Juai, Kecamatan Juai. Yang mengakibat anak-anak sekolah harus pergi menerobos banjir ke sekolah. Untungnya, perahu karet yang disiapkan BNPB Balangan dan mobil Koramil 1001-01/Juai turut diterjunkan membantu warga, khususnya anak-anak sekolah.

Hingga Selasa (14/11/2017), Babinsa Koramil 1001-01/Juai,  Serda Ali Ahmadi dan Serda Erwin bersama anggota BNPB Balangan masih membantu menyeberangkan anak anak Desa Sumber Rejeki yang akan berangkat sekolah di Desa Mungkur Uyam. Mereka terpaksa diseberangkan menggunakan perahu karet, akibat jalan yang menghubungkan dua desa tersebut sepanjang 1 Km terendam air.

“Dari data yang dihimpun di lapangan hingga Selasa (14/11/2017), banjir cukup parah. Kami juga terus mendata berapa kerugian diderita korban banjir. Untungnya, tak ada korban jiwa dalam bencana ini,” ucap Danramil 1001-01/Juai, Kapten Arm Antonius D.W kepada jejakrekam.com.

Ia mengungkapkan usai berlangsung tiga hari, banjir di beberapa tempat memang berangsur surut. Namun, untuk mengantisipasi hal yang tak diinginkan, para relawan tetap disiagakan di lapangan.

Dalam kunjungan ke lapangan, Bupati Balangan Ansharuddin bersama Dandim 1001/Amuntai, Letkol Cpn Sundoro AN dan aparat terkait langsung mengecek ke lapangan, terutama meninjau desa-desa yang tergenang banjir dengan menggunakan perahu karet.(jejakrekam)

Penulis : Asyikin

Editor   : Fahriza

Foto     : Istimewa

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.