Aksi Ngecat Massal ala Sekuriti PT TBM

0

JIKA selama ini seorang sekuriti dikenal bertugas di pos penjagaan atau melakukan patroli keliling. Namun tidak halnya yang dilakukan para sekuriti di Barito Kuala, Kalimantan Selatan. Ternyata para sekuriti di daerah dengan julukan Ije Jela memiliki program unik, yang tak ada hubungannya dengan pekerjaan atau profesi yang dijalaninya. Tim Pengamanan ini ternyata suka mengecat kampung.

AKSI ngecat massal kampung ini sempat mengagetkan sejumlah warga. Lantaran kedatangan rombongan pria berbadan tegap dengan seragam lengkap, sempat dikira ingin mengamankan seseorang atau pelaku tindak kejahatan. Seperti halnya di Desa Balukung, Kecamatan Bakumpai, Kabupaten Barito Kuala. Namun kekagetan warga berubah menjadi kekaguman, atas sikap dan perilaku yang dilakukan para sekuriti perusahaan perkebunan sawit ini. Bagaimana tidak, ternyata tim keamanan ini tengah menggelar bakti sosial babarasih kampung, yakni program ngecat kampung.

“ Kaget bukan kepalang kami, tadi dikira baapa lah buhan sekuriti ini ( tadi dikira berbuat apa kelompok sekuriti ini, red ) , eh ternyata beliau-beliau tengah menggelar aksi mengecat massal di kampung kami. Salut kami, ternyata di tengah tugasnya menjadi pengaman perkebunan, beliau-beliau masih peduli akan kampung sekitar kebun sawit. Sungguh menginspiransi,”, beber Miswanto, Sekretaris Desa Balukung, Barito Kuala, kepada wartawan, Senin (16/10/2017).

Salah satu yang dilakukan sekuriti PT Tri Buana Mas (TBM) Tbk , adalah mengecat bangunan madrasyah dan kantor Desa Balukung. Sejak pagi hari sedikitnya tigapuluh tenaga keamanan ini bahu-membahu membersihkan madrasyah, balai desa hingga pelataran masjid. Meskipun dikenal berpenampilan keras dan tegas, namun ternyata para sekuriti ini piawai dalam hal memainkan kuas cat. Terbukti melalui sentuhan tangan dingin mereka, bangunan gedung madrasyah, balai desa, serta tempat beduk masjid yang dulunya kusam, langsung kinclong. Bahkan hasil polesan kuas tangan-tangan sekuriti ini tak kalah dengan kerja tukang cat profesional. Hanya dalam setengah hari saja, dua bangunan besar yang berada di bantaran Sungai Barito dan Marabahan ini, sudah terlihat bersih dan baru kembali.

“The amazing, kerjasama mereka luar biasa, ternyata tak hanya pintar menjaga keamanan saja, personil sekuriti perkebunan sawit kelompok Astra Agro Lestari Tbk ini, ternyata piawai pula mengecat bangunan balai desa hingga madrasyah. Sungguh kami sangat berterima kasih sekali dengan kepedulian mereka,” ujar Udin, salah satu warga Desa Balukung.

Aksi massal mengecat bersama sekuriti PT TBM sendiri semata-mata dilakukan sebagai bagian dari kegiatan sosial. Selain untuk kepedulian, kegiatan ini pula sebagai bagian dari silaturahmi sekuriti bersama manajemen perusahaan, kepada masyarakat di sekitar Perkebunan sawit PT.Tri Buana Mas, Tbk. Menurut humas PT Tri Buana Mas, Selamet Supriadi,  program mengecat massal kampung, dilakukan untuk membantu masyarakat setempat terutama kepada pengecatan bangunan publik yang kusam dan catnya terkelupas.

“ Ini semata-mata kepedulian perusahaan kami dan kami mengerahkan seluruh sekuriti ke kampung-kampung. Ini sebagai bentuk kepedulian dan silaturahmi ke masyarakat. Jadi tak hanya bertugas di penjagaan saja, sekuriti bisa berinteraksi dengan baik dengan masyarakat, sehingga nantinya terjalin keharmonisan dan kerjasama yang terjaga dengan baik,” jelas Selamet, yang juga ikut terjun langsung melakukan pengecatan massal bersama para sekuriti.(jejakrekam)

Penulis :  Olpah Sari Risanta

Editor  :  Didi G Sanusi

Foto     :  Risanta

 

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.