BNNK Periksa Urine Pegawai Dinas Lingkungan Hidup Banjarmasin

0

UPAYA pencegahan narkotika dan obat-obatan terlarang (narkoba) terus  dilakukan  Badan Narkotika Nasional Kota (BNNK) Banjarmasin dengan pihak terkait. Sebab memang tidak bisa dipungkiri, untuk menanggulangi Indonesia yang sedang darurat narkoba caranya adalah dengan pencegahan dan pembinaan.

Karenanya, bekerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup (LH) Kota Banjarmasin, BNNK melakukan tes urin untuk pegawai badan teknis tersebut, Senin (14/8). Sebanyak 50 orang pegawai Dinas LH diwajibkan memberikan urine untuk diperiksa oleh petugas BNNK Banjarmasin.

Kasi Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat (Cemas) BNNK Banjarmasin, Hj Siti Salamah Skm mengapresiasi pihak dinas terkait yang mau melaksanakan tes urin. Karena menurutnya, upaya pencegahan dan pembinaan sangat penting di tengah darurat narkoba.

Selain itu, lanjut Salamah, dalam mencegah dan membina masyarakat pihaknya tak bisa bekerja sendiri. Perlu dukungan dan sokongan seluruh pihak. “Salah satu dukungan yang diberikan ya tes urin ini. Hal seperti ini sangat baik guna menanggulangi penyalahgunaan narkoba,” ujarnya.

Dikatakannya, dalam tes urin tersebut bukan untuk memproses hukum. Namun, jika ada yang terbukti akan dilakukan asessmen untuk ditangani lebih lanjut secara medis. “Pemeriksaan kemarin tidak ada yang positif,” tuturnya.

Di sisi lain, Kepala Dinas LH Banjarmasin, Muhyar mengakui pihaknya sengaja melakukan tes urin terhadpa pegawai. Bukan karena kecurigaan atau indikasi. Namun lebih kepada antisipasi. “Kami tak mau ada pegawai yang terkena pengaruh penyalahgunaan narkoba. Makanya dilakukan tes urin. Jika terbukti ada pengguna kita obati supaya sembuh,” ungkapnya.

Kegiatan tes urin semacam ini rutin dilaksanakan. Tidak hanya bagi lingkungan dinas, tapi sekolah, perguruan tinggi, perusahaan swasta bahkan pengunjung tempat hiburan malam pun dilakukan tes urin. Bahkan ke depan petugas BNNK juga menargetkan rumah’ kos-kosan, arena bermain billiar dan karaoke keluarga juga akan dilakukan tes urin untuk para pengunjung atau penghuni. (jejakrekam)

 

Penulis  : Wan Marley

Editor    : Fahriza

Foto      : Wan Marley

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.